Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lampu Kendaraan Anda Berembun, Ini Penyebabnya
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-01-2017 | 10:14 WIB
Lampu-Berembun1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sudah menjadi hal umum ketika sebuah lampu mobil terlihat berembun di bagian dalamnya. Tampilannya jadi tidak menarik, dan penerangan pun karenanya menjadi tidak sempurna. Yang menyebalkan, embun berada di dalam sehingga tidak bisa dilap dari luar.

Kenapa bisa ada embun di bagian dalam kaca lampu mobil, dan mungkin juga sepeda motor? Yang perlu diketahui, lampu pada mobil ataupun motor terdiri dari sejumlah bagian, yaitu kaca, trim atau sil, reflketor atau bagian keperakan yang berfungsi memantulkan cahaya bohlam, dan rumah lampu.

Penyebab utama dari embun dalam lampu adalah tidak rapatnya sil atau mika dalam kaca. Bagian itu termasuki udara dan memerangkapnya sehingga terjadi perebedaan suhu antara dalam lampu dan di luar lampu.

Penyebab tidak rapatnya sil atau mika kaca bisa jadi karena usia dan seringnya mobil diparkir di tempat panas sehingga bagian itu getas dan lekas retak.

Yang perlu dilakukan adalah melepas bagian-bagian lampu tersebut, lantas membersihkan bagian yang berembun tadi.

Selanjutnya, tambalkan semacam isolasi khusus (biasanya dijual di toko onderdil mobil) agar bagian mika dan trim atau sil yang terpasang ke rumah lampu, reflektor, dan kaca lampu menjadi rapat.

Sumber: Otosia.com
Editor: Yudha