Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pesawat Wings Air Tergelincir di Ketapang
Oleh : Redaksi
Kamis | 05-01-2017 | 17:02 WIB
tergelincir.jpg Honda-Batam

Pesawat Wings Air rute Pangkalan Bun - Ketapang tergelincir di Bandara Rahadi Oesman, Ketapang. (Foto: Ist)

 

BATAMTODAY.COM, Ketapang - Roda pesawat Wings Air bernomor penerbangan IW 1372, terperosok di Bandara Rahadi Oesman, Ketapang, Kalimantan Barat, Kamis (5/1). Tak ada korban dalam insiden ini karena pesawat sudah mendarat dengan sempurna.

 

Pesawat tersebut membawa 30 penumpang dan 5 awak pesawat. Pesawat terbang dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, menuju Ketapang.

Menurut Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait, pesawat rodanya terperosok saat menuju apron. Roda belakang sebelah kanan keluar dari jalur taxiway.

"Semua penumpang sehat dan tidak ada yang terluka, seluruh penumpang berikut barang bawaan sudah dievakuasi ke Terminal," kata Edward dalam keterangan tertulis.

Saat ini pesawat dalam proses penarikan menuju apron. Pesawat yang terperosok ini berjenis ATR72-500. Pesawat dikemudikan pilot Kapten Gamal Rahmat dengan registrasi PK WFP.

Terperosoknya pesawat ini menurut Edward tidak menggangu aktivitas Bandara Rahadi Oesman.

Dalam dua pekan terakhir, sudah dua insiden Wings Air di darat terjadi. Bertepatan dengan Natal lalu, Wings Air rute Bandung-Semarang tergelincir di Bandara Internasional Ahmad Yani.

Pesawat yang sudah mendarat di landasan dan sudah berjalan sejauh 1,5 kilometer mendadak oleng atau geser ke kanan hingga keluar landasan. Akibat peristiwa ini, roda belakang kanan pesawat patah.

Tak ada korban dalam peristiwa tersebut. Namun Bandara Ahmad Yani sempat ditutup karena proses evakuasi pesawat. Saat itu lima penerbangan ke Semarang dialihkan ke Surabaya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Dardani