Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wajib Tahu! Ini Kebutuhan Tidur Sesuai Usia Anda
Oleh : Redaksi
Selasa | 27-12-2016 | 12:26 WIB
Tidur-ilustrasi1.jpg Honda-Batam

Ini Kebutuhan Tidur Sesuai Usia Anda. (Foto: Ilustrasi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Apakah Anda tahu kebutuhan tidur Anda tergantung pada usia Anda? Jawaban yang sederhana adalah "tergantung".

 

Tidak ada durasi tidur yang sempurna yang harus didapatkan setiap orang. Hal tersebut, tergantung pada berbagai faktor dan usia adalah salah satunya. National Sleep Foundation telah memperbarui pedoman pada berapa jam orang tidur perlu sesuai dengan usia mereka.

Bayi yang baru lahir (0-3 bulan)
Bayi baru lair, kebutuhan kisaran tidur harus 14-17 jam setiap hari. Bayi yang baru lahir perlu secara signifikan lebih banyak tidur dibandingkan orang dewasa untuk mendukung perkembangan mental dan fisik mereka cepat.

Bayi (4-11) bulan
Kisaran tidur harus 12-15 jam setiap hari. Mulai dari bulan keempat, Anda akan melihat perubahan dalam pola tidur bayi Anda. bayi akan tetap terjaga untuk durasi yang lebih lama. Periode ini sering disebut sebagai "empat bulan regresi".

Balita (1-2 tahun)
Kisaran tidur harus 11-14 jam setiap hari. Ketika si kecil memasuki masa balita, kebutuhan tidurnya secara bertahap akan mulai berkurang. Pada titik ini, ia harus tidur lebih pada malam hari dibandingkan hari.

Anak-anak prasekolah (3-5) tahun
Kisaran tidur harus 10-13 jam setiap hari. Anak prasekolah atau TK yang sudah membesar tidur siang, membutuhkan waktu selama 10 sampai 13 jam tidur setiap malam, waktu yang secara bertahap akan berkurang karena ia menjadi lebih tua.

Anak usia sekolah (6-13) tahun
Kisaran tidur harus 9-11 jam setiap hari. Pekerjaan rumah dan perangkat elektronik membuat anak-anak sibuk di usia ini, jadi penting untuk mengatur jadwal tidur dan menegakkan rutinitas tidur yang teratur.

Remaja (14-17) tahun
Kisaran tidur harus 8-10 jam setiap hari. Remaja cenderung memiliki pola tidur yang tidak teratur di seluruh minggu. Mereka biasanya tetap terjaga larut malam yang dapat mempengaruhi jam biologis mereka dan mempengaruhi kualitas tidur mereka.

Orang dewasa muda (18-25) tahun
Kisaran tidur harus 7-9 jam setiap hari. Penuaan yang sehat dikaitkan dengan pengurangan durasi tidur yang membantu dalam menjaga kewaspadaan siang hari.

Dewasa (26-64) tahun
Kisaran tidur harus 7-9 jam. Sekelompok spesifik neuron berhubungan dengan mengatur pola tidur, yang disebut ventrolateral nukleus preoptic, mungkin perlahan-lahan mati saat usia bertambah. Semakin banyak sel-sel ini menghilang, waktu tidur Anda akan semakin sulit.

Orang dewasa yang lebih tua (65 +) tahun
Sayangnya, banyak orang dewasa yang lebih tua kurang tidur dari yang mereka butuhkan. Alasannya adalah bahwa mereka sering mengalami kesulitan tertidur. Orang tua membutuhkan minimal lima jam tidur meskipun idealnya, kisaran tidur harus 7-8 jam.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha