Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lepas CJH asal Kabupaten Bintan

Ansar Minta Kementerian Agama Beri Dispensasi Pada Masyarakat Pulau
Oleh : Charles/Dodo
Selasa | 04-10-2011 | 18:41 WIB
Bupati_Bintan_Anasar_Ahmad__memeberikan_bantuan_sweater_kepada_calon_Jemaah_Haji.jpg2.jpg Honda-Batam

Bupati Bintan Ansar Ahmad didampingi istri saat memberikan bantuan sweater kepada Calon Jamaah Haji dalam pelepasan JCH Bintan 2011

BINTAN,batamtoday - Bupati Bintan Ansar Ahmad melepas keberangkatan sebanyak 71 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bintan 2011, yang akan berangkat dari Bintan menuju Batam sekitar pukul 07.15 WIB di Pelabuhan Seri Bay Intan Kijang pada Selasa (4/10/2011). 

Selain Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Lamidi mewakili Wakil Bupati Khazalik juga melakukan pelepasan dan pemberangkatan 22 orang CJH melalui pelabuhan Tanjung Uban Bintan Utara.

Kendati saat acara pelepasan dibarengi hujan, namun hal itu tidak mengurangi semangat para CJH bersama keluarga dan para pengantar untuk turut serta melepas keberangkatan jamaah haji Kabupaten Bintan tersebut.

Bupati Bintan Ansar Ahmad mengatakan selain akan melakukan pelepasan di Bintan, besok dirinya juga dijadwalkan akan menghadiri upacara resmi pemberangkatan CJH dari Bandara Hang Nadim, Batam. 

Ansar menyebutkan setiap tahun jumlah warga yang akan menunaikan haji, semakin berkurang, dan tahun mendatang, berkemungkinan hanya 60 orang warga dari Bintan yang akan berangkat haji. Jumlah ini, semakin berkurang dibandingkan dengan jumlah jemaah haji pada tahun sebelumnya yang mencapai 93 orang. 

Ansar menilai penurunan jumlah CJH itu diakibatkan banyakanya masyarakat Kabupaten Bintan yang terlambat untuk mendaftar haji, lantaran sebagian besar tinggal di pulau-pulau dan akses informasi sangat susah untuk diperoleh. 

“Saya ingin Kementerian Agama dapat memprioritaskan keberadaan masyarakat yang tinggal dipulau-pulau, masyarakat di pulau itu informasinya terbatas, sedangkan waktu pendaftaran terlalu cepat, sehingga banyak masyarakat kita yang terlambat untuk mendaftar," ujarnya. 

Sementara di kota, tambah Ansar, bisa dikatakan lebih enak, karena akses informasi lebih cepat, bank-bank dan fasilitas lebih mudah didapat, sementara kalau pulau-pulau kecil dan terpencil semuanya serba terbatas.

Ansar juga berharap, pada Kementerian Agama agar warga yang ingin naik haji dari daerah kepulauan dapat diberikan dispenisasi/kelonggaran dan kebijakan khusus seperti waktu pendaftaran yang ditambah lebih panjang.

"Kita usahakan untuk berdiskusi dengan Kementerian Agama untuk mencari solusi permasalahan tersebut hingga masyarakat Bintan, bisa mendapatkan kuota yang lebih banyak lagi untuk massa musim haji mendatang," tambah Ansar.

Dalam pelepasan ini sendiri, Bupati Bintan Ansar Ahmad bersama isteri Dewi Kumala Sari juga memberikan bantuan sweater untuk para calon jemaah haji, yang langsung diserahkan oleh Bupati Bupati Bintan kepada beberapa orang calon jemaah haji secara simbolis.