Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Hercules Jatuh di Wamena, 12 Kru Tewas
Oleh : Redaksi
Minggu | 18-12-2016 | 13:00 WIB
hercules 130.jpg Honda-Batam

Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU

BATAMTODAY.COM, Wamena - Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU hilang kontak saat hendak mendarat di Wamena, Papua, pagi tadi. Pesawat itu dipiloti oleh Mayor Penerbang Marlon A Kawer. Pesawat ini sudah ditemukan tak jauh dari bandara Wamena, dan seluruh penumpang ditemukan tewas

 

Informasi tersebut disampaikan Kadispen TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya saat dihubungi Minggu (18/12/2016).

Dijelaskan Jemi, pesawat berangkat dari Timika pukul 05.35 WIT. Pesawat dijadwalkan mendarat di Wamena pukul 06.13 WIT. Namun pukul 06.09 WIT, pesawat mengalami lost contact.

"Sebelum landing contacts tower Wamena terakhir pukul 06.02 WIT," ujarnya.

"Pada menit 06.08 WIT sudah lapor pesawat akan landing. Pada menit 06.09 WIT pesawat lost contact," sambungnya.

Pesawat Hercules milik TNI AU yang take off dari Timika menuju Wamena, Papua, pagi tadi hilang kontak beberapa saat sebelum mendarat. Lokasi penemuan pesawat itu tak jauh dari bandara Wamena. Lokasinya berada di gunung Lisuwa Distrik Minimo Kab. Jayawijaya.⁠⁠⁠⁠

"Lokasinya dilaporkan tak begitu jauh dari Bandara Wamena. Tim masih di sana untuk evakuasi," ujarnya.
Sedangkan Kapenam XVII/Cenderaqasih Aparat TNI Kolonel Inf Teguh Pudji Raharjo mengatakan, TNI sudah melakukan evakuasi di lokasi dan ditemukan 6 jenazah kru pesawat.

"Sudah ditemukan 6 jenazah. Saat ini masih proses pencarian. Tim evakuasi sudah di lokasi dari Kodim Wamena dan Batalion 756," kata Teguh.

Diketahui ada 12 orang kru yang ada di dalam pesawat ini. Namun menurut Teguh, belum bisa dipastikan apakah semuanya meninggal.

"Hanya saja kondisi pesawat hancur," ujarnya.

Pesawat Hercules bernomor A-1334 ini dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon A Kawer. Pesawat berangkat dari Timika pukul 05.35 WIT dan dijadwalkan mendarat di Wamena pukul 06.13 WIT. Namun pukul 06.09 WIT, pesawat mengalami lost contact.

Pesawat yang dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon mengangkut logistik berupa bahan pangan, sembako, semen dan barang logistik lainnya dengan 12 kru dalam pesawat ini. Seluruh kru pesawat ditemukan tewas.

Berikut nama-namanya:
1). Mayor Pnb Marlon A Kawer.
2). Kapten Pnb J Hotlan F Saragih.
3). Lettu Pnb Hanggo Fitradhi.
4). Lettu Nav Arif Fajar Prayogi
5). Plt Lukman Hakim.
6). Plt Suyata.
7). Plt Kusen.
8). Serma Kudori.
9). Plt Agung Tri
10). Pld Agung S
11). Serma Fatoni
12). Serda Suyanto.

Editor: Surya