Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nurdin Ajukan Perluasan KEK di Bintan dan Karimun
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 14-12-2016 | 09:50 WIB
nurdin-sesmenko1.jpg Honda-Batam

Sesmenko Lukita Dinarsya Tuwo didamping Gubernur Nurdin dan Bupati Aunur Rafiq meninjau pulau yang letak geografisnya strategis yang diajukan pengembangan KEK Karimun, yakni Pulau Durian Kecil, Pulau Asam, Pulau Parit, Pulau Lumut, Pulau Mudu, Pulau Kundur dan Pulau Papan. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Guna meningkatkan investasi di Kepulauan Riau atau Kepri, Gubernur Kepri Nurdin Basirun kembali meminta perluasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupatan Bintan dan Karimun.

Pengajuan perluasan KEK ini, diyakni Gubernur Kepru Nurdin Basirun bakal segera direalisasikan pemerintah pusat. "Pemerintah pusat memberi perhatian khusus untuk KEK Bintan dan Karimun. Dan kita harapkan akan cepat terealisasi," ungkap Nurdin saat rapat koordinasi dengan tim kajian KEK di ruang kerja gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (13/12/2016).

"Tahap demi tahap persyaratan yang dibutuhkan harus kita persiaplan, sehingga tidak ada kendala," tambahnya.

Rapat koordinasi ini sendiri merupakan tindak lanjut dari kunjungan dan peninjauan Sekretaris Menteri Perekonomian Lukita Dinarsya Tuwo ke beberapa lokasi usulan perluasan kawasan KEK di Bintan dan Karimun.

Sesmenko dan rombongan didampingi Gubernur Nurdin bersama pejabat lainya, langsung meninjau sejumlah pulau-pulau yang diusulkan sebagai KEK di Bintan dan Karimun.

Dalam kunjungan ke Karimun, Senin (12/12/2016), Sesmenko yang juga didamping Bupati Aunur Rafiq langsung meninjau pulau yang letak geografisnya strategis dengan potensi yang besar yang diajukan pengembangan KEK Karimun, yakni Pulau Durian Kecil, Pulau Asam, Pulau Parit, Pulau Lumut, Pulau Mudu, Pulau Kundur dan Pulau Papan.

Nurdin menyatakan, pihak Kemenko Perekonomian terus mengkaji pengembangan Bintan dan Karimun untuk dijadikan KEK. Kajian-kajian itu diharapkan cepat selesai, sehingga minat investor semakin tinggi.

Malah untuk Kepri secara keseluruhan, Nurdin berharap kebijakan-kebijakan Jakarta semakin mendorong cepatnya pertumbuhan investasi. Karena, menurut Nurdin, pihaknya ingin daya saing Kepri terus meningkat.

Rapat koordinasi ini, kata Nurdin, semakin memperjelas gambaran dan tindak lanjut pembangunan KEK. "Dengan Bintan dan Karimun tumbuh seperti Batam, daya saing Kepri akan semakin baik," kata Nurdin.

Menurut Nurdin, sangat baik jika daerah-daerah di Kepri tumbuh beriringan dan saling menopang satu dengan yang lainnya. Bagi Nurdin, yang terpenting investasi bisa terus masuk. "Investasi meningkat, ekonomi tumbuh dan rakyat semakin sejahtera," Gubernur Kepri Nurdin Basirun. (*)

Editor: Dardani