Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nilai-nilai Pancasila Harus Dipertahankan
Oleh : Charles/Dodo
Senin | 03-10-2011 | 16:55 WIB
Upacara_Hari_Kesaktiaan_Pancasila_yang_dipimpin_oleh_wakil_Bupati_Bintan_Khazalik.jpg Honda-Batam

Upacara Hari Kesaktiaan Pancasila yang dipimpin oleh wakil Bupati Bintan Khazalik

BINTAN, batamtoday - Menurunnya nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda saat ini, membuat warga dan sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Bintan merasa khawatir, karena akan berdampak kepada timbulnya sikap apatis terhadap lingkungan. 

Demikian dikatakan tokoh masyarakat Bintan, Nai Marsu ketika diminta tanggapannya terkait makna dan nilai yang terkandung dalam Hari Kesaktian Pancasila (HKP) saat ini.

“Saati ini, nilai-nilai Pancasila sudah tidak lagi diperhatikan oleh generasi muda. Hal ini harus diatasi dengan peningkatan pendidikan norma agama dan adat-istiadat serta bimbingan dari orangtua, sehingga tata sopan santun tersebut dapat ditanamkan dan diajarkan pada para generasi muda kita sekarang," kata Nai Marsu pada waratawan di uasai pelaksanaan Upacara bendera Hari Kesaktian Pancasila (HKP) di lapangan Relief Antam Kijang, Sabtu (2/102011) lalu. 

Nai mengatakan Pancasila sebagai ideologi negara dan bangsa harus dipertahankan. Kekhwatiran tokoh masyarakat tersebut antara lain disebabkan adanya indikasi menurunnya perhatian generasi muda terhadap momen bersejarah. 

“Penataran P4 yang sebelumnya diterapkan Pemerintah sebagai sebuah kurikulum, harus dapat tetap dipertahankan karena sangat penting dalam memberikan bimbingan kepada generasi muda, untuk bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila." jelasnya.

Ditempat terpisah, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat FKDM kabupaten Bintan M. Saleh Ahmad mengatakan, Hari Kesaktiaan Pancasila dan segala yang terkandung didalamnya pantas dan harus terus menerus diajarkan pada generasi Muda, karena gerakan G30-S/PKI merupakan sejarah hitam bangsa Indonesia. 

“Sejarah masa lalu tersebut hendaknya jangan sampai terulang lagi, dan generasi muda sangat perlu kita bekali dengan sejarah perjuangan bangsa dimasa lalu,” kata Saleh. 

Pembekalan, tambah Saleh, dapat dilakukan melalui pendidikan formal seperti penataran P4 yang perlu diteruskan, sehingga generasi muda dapat memaknai Hari Kesaktian Pancasila, generasi muda juga harus giat belajar, berdisiplin dan tidak melanggar peraturan dan ketentuan yang ada di negara kita, serta menjadi generasi muda yang berguna buat masyarakat bangsa dan negara. 

Sebelumnya, peringatan Hari Kesaktiaan Pancasila (HKP) di Bintan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bintan dengan dihadiri oleh seluruh unsur Muspida seperti, TNI, PNS serta sejumlah pelajar, yang dipimpin wakil Bupati Bintan sebagai inspektur upacara.