Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sayembara Retas Konsol Nintendo Lawas Berhadiah Rp267 Juta
Oleh : Redaksi
Senin | 12-12-2016 | 12:42 WIB
Nintendo1.jpg Honda-Batam

Nintendo 3D (Foto: Chris Weeks)

BATAMTODAY.COM, Batam - Produsen game asal Jepang, Nintendo membuka sayembara berhadiah hingga Rp267 juta. Sayembara untuk umum ini tujuannya meretas konsol 3DS agar bug tersembunyi bisa terungkap.

Ada beberapa jenis bug yang diincar oleh Nintendo. Beberapa di antaranya adalah bug terkait pembajakan, kode curang, dan penyebaran konten yang tak pantas untuk anak-anak.

"Nintendo hanya akan memberi imbalan mulai dari US$100 sampai US$20 ribu bagi pelapor pertama yang memenuhi syarat," tulis Nintendo di situs resmi mereka.

Seperti dikutip dari portal TechCrunch, ada tiga syarat yang harus dituruti bagi mereka yang ingin ikut di sayembara ala Nintendo ini. Salah satunya adalah jumlah bayaran ditentukan oleh pihak Nintendo.

Kemudian penerbit game Super Mario ini mensyaratkan, mereka harus sebagai orang pertama yang melaporkan cacat yang ditemukan di 3DS. Lalu yang terakhir, merahasiakannya dari semua orang.

Konsol 3DS sendiri bukan barang baru. Nintendo menerbitkan 3DS pada 2011 silam. Itu sebabnya Nintendo dinilai sedang bereksperimen untuk mengantisipasi perilisan Nintendo Switch.

Meski belum keluar ke pasar, Switch telah menjelma sebagai konsol game paling ditunggu di 2017 nanti.

Setelah mengguncang pasar game global dengan Pokemon Go, Nintendo punya harapan cukup besar di Switch. Terlebih penjualan Wii U, konsol terakhir mereka, kalah telak oleh XboX One dan PlayStation 4.

Nintendo menekankan jumlah imbalan yang akan mereka berikan bergantung pada tingkat kesulitan bug yang bisa ditemukan. Semakin susah bug yang ditemukan, makin besar hadiah yang diberikan Nintendo.

"Imbalan akan dibayarkan setelah laporan yang masuk akan ditindaklanjuti tidak lebih dari 4 bulan," pungkas Nintendo.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha