Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gempa Aceh, Ketua DPD Sampaikan Belasungkawa Mendalam
Oleh : Soerya
Rabu | 07-12-2016 | 14:14 WIB
mohammad-saleh1.jpg Honda-Batam

Ketua DPD RI Mohammad Saleh.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPD RI Mohammad Saleh menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya bagi korban bencana gempa di Pidie Jaya, Aceh, pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12/2016) pagi.

"Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun. Gempa Pidie Jaya adalah musibah yang ditimpakan Allah SWT yang harus kita hadapi dengan sikap tawakal," ujar Mohammad Saleh melalui relis yang diterima wartawan , Rabu (7/12) di Jakarta.

Ketua DPD, pun mengajak rakyat Indonesia berdoa untuk keselamatan warga Pidie Jaya, seraya memohon ridho Allah SWT agar kita semua selalu dalam rahman dan rahim-Nya.

Pada sisi lain, Saleh mengajak rakyat Indonesia untuk menyalurkan bantuan seperti makanan, minuman, pakaian, selimut, dan obat-obatan.

Bagi pemangku kepentingan di semua tingkatan, Ketua DPD RI menyarankan untuk berkoordinasi dalam mengerahkan bantuan pencarian dan pertolongan (search and rescue), terutama Basarnas bersama BNPB atau BPBD, serta berkoordinasi dalam mengerahkan personel dan alat-alat berat/ringan.

Diharapkan pula, PMI bergerak cepat seperti mendirikan posko, kantong darah, obat-obatan, kantong jenazah, dan menerjunkan personel. Petugas kesehatan (dokter, perawat) juga diterjunkan ke lokasi.

Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya diminta memperkuat hubungan kerja sama untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dalam mengurangi risiko dan dampak bencana serta penyakit, sembari meningkatkan komunikasi, edukasi, dan diseminasi data dan informasi gempa, baik kuantitas, kualitas, kelengkapan, dan kemampuan personil untuk berhasilnya operasi SAR.

Dilaporkan, 18 orang meninggal dan belasan bangunan roboh seperti rumah, kantor, toko, dan masjid, sedangkan infrastruktur jalan, listrik, dan fasilitas umum mengalami kerusakan yang parah. Jumlah itu bisa saja berubah, menginggat petugas masih mendata korban.

Hasil deteksi awal BMKG, kekuatan gempa 6,4 SR. Kemudian, BMKG mengoreksinya menjadi 6,5 SR. Hingga pukul 05.30 WIB, terjadi beberapa gempa susulan yang tren kekuatannya semakin kecil. Sumber gempa di timur laut Pidie tapi tidak berpotensi tsunami. Dugaan BMKG, gempa dipicu aktivitas Sesar Samalanga-Sipopok Fault, yang jalurnya ke arah barat daya-timur laut.

Editor: Yudha