Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gandeng BLH, KNPI Lingga Utara Gelar Goro Massal
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 06-12-2016 | 08:24 WIB
goro-knpi-lingga3.jpg Honda-Batam

Panitia peserta Goro massal KNPI dan BLH Lingga di Kelurahan Pancrur foto bersama sebelum terjun ke lapangan. (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Lingga Utara bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lingga menggelar gotong royong (Goro) massal di Kelurahan Pancur, Senin (05/12/2016).

Goro massal tersebut dilakukan dalam rangka memberikan kesadaran terhadap masyarakat untuk mencintai lingkungan di sekitarannya, dengan himbauan jangan membuang sampah di sungai maupun di laut.

"Goro ini kita lakukan dengan tujuan agar masyarakat, khususnya di Kelurahan Pancur, Lingga Utara, tidak lagi membuang sampah sembarangan," ujar Ketua KNPI Lingga Utara, Yusri Mandala, kepada BATAMTODAY.COM.

Kegiatan sosial berupa Goro massal ini, kata Yusri, juga merupakan bentuk kepedulian dari KNPI Lingga tentang bahaya dan dampak yang ditimbulkan sampah.

Menurutnya, selama ini Pancur atau lebih dikenal dengan Hongkong-nya Lingga itu memang kurang mendapat sentuhan dari pemerintah setempat, khususnya dalam penanganan sampah. Ditambah lagi tidak adanya fasilitas sampah seperti TPS, sehingga membuat warga kebiasaan membuang sampah dilaut.

"Selama ini Pancur memang kurang mendapat sentuhan dari pemerintah setempat mengenai penanganan sampah. Untuk itu dengan ini kita gandeng BLH dan Goro ini tidak menutup kemungkinan akan kita lakukan lagi kedepannya. Kepada BLH kita ucapkan terimakasih Karna sudah mau ikut serta dalam Goro ini," ungkap Yusri Mandala.

Dirinya pun berharap, dengan adanya Goro Massal tersebut agar dapat menyadarkan masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke laut, dan juga ke depan pihak BLH harus bisa menyediakan bank sampah di Kelurahan Pancur.

"Dengan ini kita harapkan supaya Pancur bersih lingkungannya, karena Pancur merupakan "Hongkongnya" Lingga. BLH juga segera dapat menyediakan TPS untuk Pancur ini agar masyarakat bisa membuang sampah-sampahnya ke satu tempat yang telah disediakan," harap Yusri.

Sementara Junaidi Adjam, Kepala BLH Lingga, mengatakan, menindak lanjuti kegiatan goro massal oleh KNPI Lingga Utara mengenai penangangan sampah di Kelurahan Pancur, ke depan sudah masuk agenda rutin dari pihaknya.

Untuk itu ia pun telah menyiapkan satu tenaga THL yang ditempatkan khusus untuk memungut sampah dari masyarakat Kelurahan Pancur.

"Menindaklanjuti kegiatan goro ini, ke depan sudah masuk agenda rutin kita dengan pola mungkin dalam bentuk sosialisasi atau yang lainnya. Dan juga kita telah menyiapkan satu THL khusus di Pancur untuk memungut sampah masyarakat serta insya Allah TPS untuk Pancur akan kita sediakan," ujar Junaidi.

Editor: Dardani