Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karimun Waspada Banjir dan Longsor di Musim Hujan
Oleh : Nursali
Jum'at | 02-12-2016 | 13:38 WIB
Bupati-Bintan-Rafiq1.jpg Honda-Batam

Bupati Karimun, Aunur Rafiq. (Foto: Dok batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Karimun - ‎Bupati Karimun, Aunur Rafiq menghimbau kepada seluruh masyarakat Karimun untuk selalu waspada saat musim hujan. Pasalnya, beberapa lokasi rawan dengan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

 

Hal ini disampaikannya saat meninjau langsung korban longsor yang terjadi di jalan Teuku Umar, Tanjungbalai Karimun pada Jumat (2/12/2016).

Menurutnya kondisi curah hujan pada saat sekarang ini dapat menyebabkan struktur bumi menjadi labil, sehingga menyebabkan beberapa tempat tergerus oleh curah hujan tersebut.

"Oleh sebab itu, saya himbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada saat musim hujan seperti ini," kata Rafiq.

Ia mengaku, selain longsor, Kabupaten yang dipimpinnya ini juga menjadi langganan banjir. Hal ini disebabkan oleh tingginya pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat sehingga menyebabkan drainase atau tempat penyaluran pembuangan air menyempit.

"Lama-kelamaan inilah yang menyebabkan banjir," katanya lagi.

Ia menambahkan, untuk wilayah Kecamatan Tanjungbatu, dirinya belum mendapatkan laporan bencana serupa seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau di Tanjungbatu, saya belum dapat laporannya. Sepertinya disana akan mengalami banjir juga. Makanya semalam saya telepon Camat nya untuk selalu siaga dan waspada," pungkasnya.

Editor: Yudha