Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPJS Kesehatan Luncurkan VA untuk Permudah Kepala Keluarga Bayar Iuran
Oleh : Habibie Khasim
Selasa | 29-11-2016 | 17:26 WIB
BPJS-Kesehatan.gif Honda-Batam

Ilustrasi Kartu BPJS Kesehatan (Sumber foto: smeaker.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sejak 1 September 2016, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan Virtual Account (VA) bagi peserta BPJS Kesehatan keluarga. Tujuannya mempermudah peserta dalam melakukan transaksi pembayaran iuran dengan cukup satu kali transaksi untuk seluruh anggota keluarga yang ada.

"Bagi peserta keluarga, cukup melakukan pembayaran iuran dengan sekali transaksi. Kalau dulu setiap peserta membayar masing-masing dalam arti perorangan. Misalnya 5 orang dalam satu Kartu Keluarga (KK) transaksinya masing-masing. Sekarang tidak, semua bisa terakomodir melalui VA ini," kata Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Tanjungpinang, Gunardi Chandra, di kedai kopi Presko Bintan Centre, Selasa (29/11/2016).

Gunardi mengatakan, masing-masing peserta mandiri mendapatkan VA dengan nomor registrasi yang berbeda-beda. Namun, itu tidak berpengaruh, para anggota tetap bisa membayar sekaligus bersama anggota keluarganya. Memang khususnya untuk kepala keluarga harus siaga dan aktif dalam menjamin kesehatan dan biaya pemeriksaan ketika sakit.

"Jadi dengan VA ini kepala keluarga bisa benar-benar menjamin semua keluarganya. Untuk pembayaran, nilainya nanti diakumulasikan, seperti contoh Rp25.500 dikali 5 berarti Rp127.500 cukup sekali bayar, dan anggota di dalamnya sudah terhitung membayar juga," jelasnya.

VA tersebut, kata Gunardi, dibuat sebagai mekanisme mempermudah dalam transaksi pembayaran iuran dan juga menghindari adanya biaya tambahan selain membayar di ATM bank.

"Mekanismenya dipermudah. Bagi peserta yang biasa membayar di pos, juga sama cukup 1 kali transaksi. Karena di kantor pos ada biaya transaksi Rp2500 setiap transaksi. Jadi kalau sekali transaksi kan bisa menghemat biaya," tutupnya.

Terkait jumlah keanggotaan, Gunardi mengaku tahun ini hampir memenuhi target. Hingga Desember 2016 ini, mereka tinggal mencari 5000 peserta lagi untuk di wilayah kerja Tanjungpinang, di antaranya Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas.

"Kita optimis target ini akan tercapai dan kita juga akan sosialisasikan tentang VA ini kepada seluruh kepala keluarga di wilayah kerja kita," tutur Gunardi.

Editor: Udin