Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KADIN Imbau Seluruh Stakeholder Jaga Kondusifitas Iklim Investasi di Batam
Oleh : Gokli Nainggolan
Sabtu | 26-11-2016 | 16:14 WIB
Kadin-Batam.gif Honda-Batam

Ketua KADIN Batam, Jadi Rajagukguk (tiga dari kanan), bersama pengurus KADIN lainnya dan sejumlah pengusaha Batam di kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta, beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Membangun dan meningkatkan iklim investasi dan perekonomian di Kota Batam, diperlukan partisipasi dan dukungan dari pengusaha serta seluruh stakeholder dan elemen masyarakat.

Pikiran positif dan tidak saling mencurigai, juga merupakan keniscayaan dalam menumbuhkan kepercayaan investor dan kondusifitas iklim investasi di Batam.

Demikian disampaikan Ketua KADIN Batam, Jadi Rajagukguk, menyikapi lesunya investasi dan perekonomian Batam saat ini.

"Hendaknya kita selalu berfikir positif dan tidak saling mencurigai. Mari semua pihak lakukan dan kerjakan apa yang bisa kita perbuat untuk kebaikan yang berdampak bagi kepentingan bersama sesuai dengan kapasitas masing-masing," ujar Jadi Rajagukguk, Sabtu (26/11/2016).

KADIN sebagai mitra strategis pemerintah, kata Jadi, berkewajiban mendukung penuh program dan kebijakan pemerintah dalam membangun, mengembangkan dan meningkatkan investasi dan ekonomi demi kesejahterahkan masyarakat. Begitu juga asosiasi pengusaha lainnya, semua mendukung penuh program pemwrintah.

Perlu diketahui semua pihak, KADIN didirikan sesuai UU No.1 tahun 1987. Dan jika ada lembaga negara yang didirikan oleh UU, itu sama dengan lembaga pemerintah/negara.

KADIN memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap segala kegiatan ekonomi di Indonesia, dalam hal ini Batam. KADIN juga bertanggug jawab untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh dunia usaha.

"Itu amanah UU nomor 1 tahun 1987. Kita minta semua pihak harus bijak dan berpikir positif, dan tidak terburu-buru mencurigai pengusaha, karena justru akan membuat ketidakpercayaan dunia usaha," ungkap Jadi.

Kalau ada pengusaha yang nakal, lanjutnya, KADIN juga berkewajiban untuk menegur dan bahkan menindak kalau memang bersalah. "Tapi jangan digeneralisir bahwa semua pengusaha itu nakal," ujarnya.

Jadi juga berharap, semua pihak dan lembaga harus bijak menyikapi persoalan yang ada sesuai kapasitasnya masing-masing. "Mari kita jaga bersama kondusifitas dunia usaha agar ekonomi Batam bertumbuh, yang pada akhirnya mensejahterakan masyarakat," ujarnya.

"Sebagai mitra strategis pemerintah, menjadi sebuah keniscayaan untuk KADIN membantu pemerintah dalam menjaga dan menumbuhkan iklim investasi. Kita berharap semua pihak paham akan perjuangan KADIN," pungkasnya. (*)

Editor: Yudha