Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PJL, PP dan Karangtaruna Lingga Gelar Lomba Foto dan Karya Tulis
Oleh : CR9
Rabu | 16-11-2016 | 17:26 WIB
ayo-menulis.gif Honda-Batam

Brosur lomba menulis yang terbuka untuk umum (Foto: CR9)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Persatuan Jurnalis Lingga (PJL) membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti lomba foto dan lomba karya tulis. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lingga yang ke-13 pada 20 November mendatang.

Koordinator lomba foto dan karya tulis dari PJL Lingga, Ardi Aulia menjelaskan, lomba foto maupun lomba karya tulis dibuka untuk umum tanpa ada batas usia dan profesi. Lomba ini dibuka tanpa dipungut biaya sama sekali dan disediakan hadiah menarik berupa jutaan rupiah uang tunai serta piagam penghargaan langsung dari Bupati Lingga.

“Dalam rangka manyambut HUT Pemkab Lingga yang ke-13 tahun ini, kita sengaja mengadakan lomba foto dan lomba karya tulis untuk memeriahkan HUT tersebut yang terbuka untuk umum,” jelas Ardi kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (16/11/2016)

Dikatakannya, bagi masyarakat yang berminat mengikuti lomba, dapat mengirimkan hasil karyanya berupa kategori yang dilombakan, mulai dari tanggal 13 November hingga batas akhirnya 23 November 2016 mendatang, melalui akun Instagram panitia "@aksipemuda13" dengan memfollow akun tersebut dengan cara menambahkan hastag "#aksipemuda13" untuk lomba fotonya.

Brosur lomba foto yang terbuka untuk umum (Foto: CR9)

Sementara itu untuk kategori lomba menulis, dijelaskan Ardi lagi, dapat mengirim hasil karya tulisnya dengan menulis nama lengkap dan tempat tinggal ke kantor sekretariat Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Lingga di Dabo Singkep untuk wilayah Dabo. Kemudian untuk di wilayah Daik, pengirim dapat mengirim hasil karya tulisnya di Media Center Kabupaten Lingga di Daik atau melalui via email yakni "lingga13thn@gmail.com"

Lebih lanjut dikatakan Ardi, untuk foto kategori lombanya berupa lanscape, Human Interest (HI) serta Selfie yang boleh menggunakan kamera apa saja dengan lokasi foto hanya dibolehkan seputaran wilayah Kabupaten Lingga.

Untuk syarat foto yang diikutsertakan, harus karya asli milik sendiri, bukan milik orang lain atau titipan, dapat dipertanggungjawabkan keasliannya dan foto tidak mengandung unsur non fotografi berupa watermark ataupun copyright. Dan juga foto tidak diperkenankan menggunakan teknik montage serta olah digital ataupun editing, hanya diperkenankan sebatas pengaturan seperti kontras, hue, cropping, dodging, burning, saturation, level, curve, noise rediction/dust removing.

"Paling lambat batas akhir pengiriman fotonya pada 23 November mendatang. Kemudian peserta juga tidak mengunci akun Instagramnya guna mempermudah penjurian dan juga menulis caption pada foto yang telah dikirim," terang Ardi.

Sedangkan untuk lomba karya tulis, Ardi menjelaskan, dibagi dalam dua kategori yakni dengan tema untuk kategori SD dan SMP "Keluarga Kecilku". Sementara untuk kategori Umum dengan tema "Seputar Peluang Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Bidang Pertanian, Perikanan, dan Peternakan,"

Kemudian, hasil tulisan harus merupakan karya asli, bukan terjemahan atau saduran dengan kriteria penulisan untuk SD dan SMPnya bersifat bebas, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk umumnya penulisan harus dalam bentuk feature ataupun artikel dengan panjang tulisan minimal 800-1100 karakter yang hanya boleh mengirimkan satu hasil karya tulis.

"Setiap peserta kita bebaskan tulisannya mau dalam bentuk apa saja, bisa dalam bentuk tulisan tangan menggunakan kertas polio ataupun diketik komputer," ucap Ardi Aulia lagi.

Kegiatan ini dijelaskan Ardi, juga merupakan serangkaian agenda dalam bentuk 13 organisasi pemuda yang ada di Kabupaten Lingga dengan moto "aksipemuda13" di hari jadi Kabupaten Lingga. Yang tujuannya untuk mempromosikan keindahan alam serta kearifan lokal Lingga dalam bentuk promosi lewat karya foto dan tulisan.

Sebagai PJL yang mewadahi kegiatan ini Ardi berharap, bisa mendorong masyarakat menuangkan ide-ide kreatifnya agar bisa ikut andil memajukan Lingga ke depan.

"Ya dengan adanya kegiatan lomba ini agar masyarakat bisa menyalurkan ide-ide kreatifnya melalui foto dan tulisan. Kemudian hasil dari karya tulis mereka nantinya juga akan menjadi referensi bagi kami PJL dalam mengembangkan dan memberikan informasi kepada masyarakat Lingga lewat media cetak atau elektronik nantinya," ungkap Ardi.

Editor: Udin