Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pria Pengangguran Ini Nekat Bobol Mesin Penyimpan Uang di Bengkel
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 16-11-2016 | 12:08 WIB
Bobol-Bengkel1.jpg Honda-Batam

Kapolsek Bengkong, AKP Buala Harefa (tengah) dan Kanit Reskrim Ipda Tigor Dabariba (kanan) serta satu pelaku pencurian. (Foto: Romi)

 

BATAMTODAY.COM, Batam - Beralasan butuh uang untuk bayar sewa kos serta untuk makan, seorang pria berinisial R, nekat membobol mesin penyimpan uang di bengkel di kawasan Bengkong Harapan.

 

Namun aksinya tersebut terekam CCTv yang ada di lokasi, sehingga ia akhirnya dibekuk jajaran Polsek Bengkong.

Kanit Reskrim, Ipda Tigor Dabariba, megatakan, kejadian tersebut pada Kamis (10/11/2016) dini hari, dan baru diketahui pemilik bengkel pagi harinya. Korban langsung membuat laporan dan Polisi juga lakukan olah TKP.

"Dari olah TKP tersebut kemudian dikembangkan. Rekaman CCTv kami dalami dan yakin pelakunya adalah orang di sekitar kawasan itu juga," ungkap Tigor, Rabu (16/11/2016).

Tidak membutuhkan waktu lama, malam harinya pelaku berhasil dibekuk. Ia merupakan penghuni indekos yang berada tidak jauh dari bengkel tersebut. Pelaku masuk ke bengkel tersebut dengan cara memanjat gedung dan masuk dari lantai tiga. Kemudian baru turun ke bawah dan membongkar mesin penyimpan uang di bengkel.

"Ia melakukan dengan seorang rekannya yang masih dalam pengejaran, berinisial A," jelasnya.

Dari aksinya tersbut, pelaku berhasil membawa kabur uang Rp 4 juta. Namun saat dibekuk, uang tersebut sudah dipergunakan pelaku.

"Pelaku kita jerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dan terancam maksimal 7 tahun penjara," tambahnya.

Sementara R, mengaku telah beberapa kali melakukan pencurian. Namun kali ini ia bernasib sial dan berujung di balik jeruji tahanan.

"Saya tidak bekerja, mas. Sementara sewa kos harus dibayar dan saya perlu makan. Saya sudah cari pekerjaan tapi belum dapat, makanya terpaksa mencuri," sesalnya.

Editor: Yudha