Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kejari Lingga Sosialisasi Pencegahan Korupsi ke Pelajar
Oleh : CR11
Rabu | 16-11-2016 | 11:44 WIB
Peringatan-hari_anti-korupsi-Lingga1.jpg Honda-Batam

Kajari, Disdik dan KNPI Lingga Sosialisasi Pencegahan Korupsi ke Pelajar. (Foto: CR11)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia, Kejaksaan Negeri (Kejari) Daik Lingga, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Lingga serta Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lingga lakukan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Sejak Dini Kepada Siswa/Siswi SMA sederajat.

 

Kepala Seksi Intelejen Kejari Daik Lingga, Evan Afturedi sekaligus bertindak selaku narasumber materi pencegahan korupsi mengatakan acara yang ditaja tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan peringati hari anti korupsi sedunia pada tanggal 9 Desember mendatang.

"Kita melakukan kegiatan ini untuk memperingati hari anti korupsi sedunia 9 desember mendatang, ini salah satu rangkaian acaranya. Selain ini kita juga akan melakukan kegiatan lainnya, salah satunya upacara dihalaman kantor Kejari," ujar Evan, Selasa (15/11/2016).

Dikatakan Evan, melihat pemuda di Kabupaten Lingga merupakan pemuda yang profesip, penuh semangat dan memiliki idealisme yang tinggi. Sehingga tidak salah jika peringatan hari anti korupsi sedunia menggandeng KNPI Lingga.

"Kami gandeng KNPI Kabupaten Lingga untuk mengadakan sosialisasi di tingkat SMU Se-Kabupaten Lingga ini. Harapannya, agar generasi muda merasakan anti korupsi itu sejak dini. Kami dari kejaksaan juga akan memberikan penyuluhan mengenai pencegahan korupsi," ujar Evan.

Sementara itu, Ketua KNPI Kabupaten Lingga Safaruddin mengatakan, forum yang diadakan tersebut sangat bermanfaat. Menurutnya, kegiatan ini adalah sebuah forum sosialisasi yg sangat penting, khususnya generasi muda. Karena kelak, pemudalah yang akan mewarisi bangsa ini, jika generasi mudanya baik, maka baik pula lah masa depan Negeri ini.

"aya sangat apresiasi sekali kepada pihak Kejaksaan Negeri Lingga yang menggagas acara ini, meskipun terlihat sangat sederhana acara kita ini namun memiliki makna dan manfaat yang sangat besar," ungkap Safar.

Dikatakannya, para generasi muda memang harus diberikan pengetahuan tentang pencegahan korupsi sedini mungkin, dengan mendoktrin pikiran agar memiliki prinsip anti korupsi, karena kalau diibaratkan penyakit maka bangsa ini sudah pada fase yang kronis. Hal ini terlihat dari seringnya berita-berita terkait tentang tindak pidana korupsi baik di Televisi sampai di media sosial.

"KNPI sebagai bagian dari pemuda tentunya akan berusah membantu pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi salah satunya adalah dengan adanya departemen pemberantasan korupsi pada struktur kepengurusan KNPI. Tentunya hal ini kami harapkan sebagai langkah awal dan kedepan selama kepengurusan saya akan diupayakan adanya program-program lanjutan yang berorientasi terhadap pembinaan pemuda," terangnya.

Pantauan dilapangan, kegiatan yang dilakukan di aula SMAN 1 Lingga tersebut turut dihadiri, Perwakilan Disdikpora Lingga, Perwakilan Sekretariat Dewan, Perwakilan Dinas PU, siswa SMAN 1 Lingga, SMKN 2 Lingga, serta MA YPKL Daik Lingga.

Editor: Yudha