Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata Bir Bantu Cegah Stroke dan Penyakit Jantung
Oleh : Redaksi
Selasa | 15-11-2016 | 11:04 WIB
Bir-lagi1.jpg Honda-Batam

Hasil Studi, Bir Cegah Stroke dan Penyakit Jantung. (Foto: Ilustrasi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mengonsumsi satu pint bir sehari ternyata dapat mengurangi risiko terkena stroke atau penyakit kardivaskular. Hal itu ditemukan dalam penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University baru-baru ini.

 

Studi yang dilakukan terhadap 80 ribu kaum dewasa di China tersebut menunjukkan bahwa pria yang minum satu atau dua porsi alkohol per hari, atau satu porsi untuk wanita, akan mengalami penurunan HDL (High Desity Lipoprotein) yang lebih lambat, dibanding orang yang tidak minum sama sekali atau yang minum terlalu banyak.

Alkohol yang digunakan dalam penelitian sebenarnya menggunakan minuman jenis bir dan spirits. Namun efek tersebut lebih terlihat pada para peminum bir.

Belum lama ini, pemerintah Inggris mengeluarkan rekomendasi kepada kaum wanita dan pria untuk membatasai konsumsi alkohol tidak lebih dari 14 unit per minggu. Angka tersebut sama dengan enam pint ukuran bir standar.

Pint merupakan satu unit volume yang digunakan untuk mengukur minuman seperti bir. Di Inggris atau Amerika, umumnya satu pint berarti sekitar seperdelapan galon. Namun pint di Inggris 20 persen lebih banyak dibanding Amerika.

Dilansir dari Telegraph, Rencananya, panduan terbaru tentang konsumsi bir itu bakal dikeluarkan awal tahun 2017 di Inggris. Konsumsi bir per minggu yang disarankan untuk pria adalah 21 unit dan 14 untuk wanita.

Meski begitu, para ilmuwan yang menyampaikan penelitian ini dalam pertemuan American Heart Association mengatakan studi lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah hubungan antara alkohol dengan HDL ini berlaku juga untuk populasi non-China.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha