Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terbentur Masalah Lahan

Warga Kurang Mampu di Bintan Timur Tak Bisa Nikmati Bantuan RTLH
Oleh : Ismail
Senin | 14-11-2016 | 17:22 WIB

BATAMTODAY.COM, Bintan - Jumlah warga kurang mampu penerima bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di wilayah Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, kini bertambah menjadi 100 kepala keluarga (KK).

"Data penerima bantuan tersebut sesuai data yang diterima dari Dinas Sosial Kabupaten Bintan, sebelumnya hanya sebanyak 30 rumah warga, dan sedang dalam tahap proses pembangunan," ujar Camat Bintan Timur, Rusli, Senin (14/11/2016).

Menurut Rusli, pada dasarnya jumlah tersebut bisa saja bertambah lebih banyak, karena sesuai dengan kondisi kemiskinan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Namun, karena terbentur dengan persyaratan dan aturan dari pemerintah pusat, maka tidak banyak warga yang dapat menerima bantuan. Salah satunya karena masalah lahan.

"Kalau khusus di Bintan Timur, banyak lahan warga yang masih dikuasai PT Multi Dwi Makmur dan PT Aneka Tambang. Jadi banyak warga miskin tak masuk pendataan bantuan RTLH," terangnya.

Dengan bertambahnya jumlah warga penerima bantuan rumah tak layak huni di Bintan Timur dari program rumah RTLH itu, pertengahan Desember 2016 ini ditargetkan sudah rampung dan dapat dimanfaatkan masyarakat. (*)

Editor: udin