Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kalau ke Pattaya, Jangan Lupa Mampir di Amir Halal Foods
Oleh : Harjo
Minggu | 13-11-2016 | 19:17 WIB
pattaya.jpg Honda-Batam

Harjo, wartawan BATAMTODAY.COM saat berkunjung ke Pattaya, Thailand, dan mampir ke Amir Halal Foods (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Pattaya - Saat melancong ke Thailand, tujuan wisatanya sebagian besar berada di Bangkok dan Pattaya sehingga menjadi sumber pendapatan terbesar dari sektor pariwisata untuk Thailand.

Bagi masyarakat muslim, juga tidak begitu sulit mencari wisata halal di Thailand, terutama di Pattaya yang terletak di Thailand Selatan. Meski penduduk Pattaya hanya 10 persen yang memeluk agama Islam, tetapi untuk mencari berbagai makanan dan minimuan halal sangat mudah seperti di temui di Amir Halal Foods.

Wartawan BATAMTODAY.COM Harjo dari Pattaya melaporkan, Amir Halal Foods yang terletak di Pattaya Thai atau Fatayya Selatan, Tahiland, sudah berdiri sejak 17 tahun silam. Restoran ini menyediakan berbagai menu yang dijamin halal, karena sudah mendapat sertifikasi dari kementerian agama Islam setempat.

"Pemilik restoran dengan nama Amir Halal Foods juaga memberikan fasilitas untuk sholat bagi umat muslim yang datang berwisata di kota wisata Fatayya. Tidak tanggung-tanggung pemilik restoran dengan jaminan halal tersebut membangun mesjid Tohatillah Fatayya," ungkap Tina, pengelola restoran Amir Halal Foods, kepada BATAMTODAY.COM di Pattaya, Sabtu (13/11/2016).

Tina warga setempat yang berpenampilan dengan memakai hijab saat menyajikan makanan dan minuman kepada turis mancanegara itu, dibantu oleh sejumlah pekerjanya yang mayoritas mengunakan hijab. Begitu pula dengan pekerja laki-laki justru selalu mengunakan pakaian khas muslim ala Timur Tengah.

Shuadi, warga Bangkok, kepada BATAMTODAY.COM mengatakan hal yang sama. Menurutnya, sebagian besar turis mancanegara yang berkunjung khusus ke wilayah Pattaya Selatan akan mampir di restoran Amir Halal Foods. Sebab, restoran ini salah satu rumah makan yang menyediakan aneka makanan dan minuman dengan jaminan halal.

"Kalau di Bangkok, justru banyak tempat-tempat makan. Karena milihat dari mesjid yang ada dari jumlah penduduk lebih dari 6.5 juta ada berjumlah ratusan. Di mana penduduknya menganut agaman Budha sebanyak 60 persen, Islam 30 dan sisanya beragama lainnya," ungkap Shuadi.

Shuadi menambahkan, setiap tahunnya kunjungan turis mancanegara ke Thailand terus meningkat dari berbagai belahan dunia dari Eropa dan Asia, serta negara lain di duna. Bahkan warga Indonesia yang termasuk sering berkunjung ke Thailand.

"Dimana setiap tahinnya kunjungan turis ke Thailand mencapai 35 juta kunjungan, baik yang berkunjung ke Thailand, seperti Bangkok, Fatayya dan Puket serta wilayah lainnya," kata dia.

Editor: Surya