Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dirlantas Polda Kepri Gelar Penyuluhan Lalin bagi Siswa SMA
Oleh : Ali/Dodo
Senin | 26-09-2011 | 19:43 WIB

BATAM, batamtoday - Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Kepulauan Riau (Kepri) mengadakan penyuluhan UU Lalu Lintas dalam rangka menyambut HUT Lalu lintas ke-56 di Sekolah Mengah Atas Negeri (SMA) 3, Batam, Senin (26/09/11).

Penyuluhan sekaligus sosialisasi UU Lalu Lilntas di SMAN 3 ini berlangsung pda saat pelaksanaan upayara bendera yang dipimpin  AKP. Agung Surya Pramana sekaligus  membacakan amanat Dir Lantas Polda Kepri Kombes Pol Joni Triharto.

AKBP Hartono, Kabid Humas Polda Kepri di ruang kerjanya menuturkan, dalam amanat yang dibacakan diharapkan agar semua siswa dapat memahami bagaimana berlalu lintas yang baik dijalan raya dan dapat mematuhi rambu-rambu lalu lintas. 

"Dalam memaknai HUT Lalu Lintas Ke – 56, tanggal 22 September 2011 ini, Korlantas bertekad untuk lebih meningkatkan kinerja untuk masyarakat," ujar AKBP Hartono semberai menyebutkan tema yang diangkat “ Melalui kemitraan kita mantapkan revitalisasi pelaksanaan tugas Polantas guna mewujudkan keselamatan lalu lintas jalan dan pelayanan prima kepada masyarakat “.

Maka dari itu, kata Hartono, sebelum berkendara terlebih dahulu periksalah rem, kaca spion, dan busi, apakah masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Setelah itu, periksalah persyaratan administrasi (SIM dan STNK) apakah sudah dibawa atau belum. Selain itu, jangan lupa menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), baik bagi pengendara maupun yang dibonceng.

Pengendara juga diharapkan pada saat mengendarai sepeda motor menggunakan lajur kiri dan menyalakan lampu utama pada siang maupun malam hari. Memarkir sepeda motor pada tempat parkir yang aman serta jangan kebut-kebutan karena dapat membahayakan diri sendiri atau pengguna jalan lainya.

Patuhilah rambu – rambu lalu lintas dan isyarat polisi lalu lintas. Jangan menggunakan Hand Phone pada saat mengendarai kendaraan bermotor.

"Yang terpenting adalah hormatilah pejalan kaki, penyeberang jalan dan bersopan santunlah dalam berkendaraan," terang Hartono.

Usai melaksanakan penyuluhan sekaligus sosialisasi, Dit Lantas Polda Kepri membagi–bagikan bunga dan helm kepada pengguna jalan raya di Simpang Kabil dan Simpang Rosedale yang dipimpin langsung oleh AKBP Bambang Pristiwanto.