Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lebih dari 57 Ribu Warga Bintan Belum Daftar BPJS
Oleh : Ismail
Senin | 31-10-2016 | 18:38 WIB
rapat-BPJS.gif Honda-Batam

Kepala BPJS Tanjungpinang, Nur Indah Yulianti, usai melaksanakan rapat sinkronisasi program kesehatan bersama Pemerintah Kabupaten Bintan di ruang rapat Kantor Bupati Bintan, Senin (31/10/2016) (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Lebih dari 57 ribu warga Bintan belum terdaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal tersebut diungkapkan Kepala BPJS Tanjungpinang, Nur Indah Yulianti, usai melaksanakan rapat sinkronisasi program kesehatan bersama Pemerintah Kabupaten Bintan di ruang rapat Kantor Bupati Bintan, Senin (31/10/2016).

Indah menjelaskan, berdasarkan data dari BPJS Tanjungpinang jumlah penduduk Kabupaten Bintan yakni 141.415. Sementara yang terdaftar peserta BPJS berjumlah 84.088. Dengan begitu, sekitar 57.327 yang belum terdaftar.

"Dari jumlah yang terdaftar tersebut sebagian besar berasal dari swasta yakni sebanyak 29.440 orang, PNS Kabupaten Bintan sebesar 7.218 orang dan sisanya dari berbagai unsur masyarakat," terang Indah.

Lebih jauh Indah mengatakan, Pemkab Bintan memiliki program kesehatan yang menggratiskan pelayanan kesehatan di tingkat Puskemas untuk warga Bintan. Oleh karena itu, perlu adanya penyatuan persepsi antara BPJS dan Pemkab untuk meningkatkan pemahaman kepesertaan dan pelayanan BPJS agar tidak tumpang tindih.

Sementara itu, rapat yang dipimpin oleh Plt Sekda Kabupaten Bintan RM Akib Rachim merupakan agenda rutin Pemkab Bintan bersama BPJS. Akib menyebut, pada 2017 Pemkab Bintan akan menggratiskan layanan kesehatan untuk seluruh penduduk Bintan.

"Pemerintah Daerah terus melakukan kebijakan terkait Program Pelayanan Kesehatan Gratis di tingkat Puskesmas yang dengan hanya menunjukkan KTP Bintan, pembahasan dengan BPJS merupakan agenda rutin sekaligus mensinkronisasikan," tutup Akib.

Editor: Udin