Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Legenda Sepak Bola Brasil Tutup Usia
Oleh : Redaksi
Kamis | 27-10-2016 | 13:14 WIB
legenda-pesepakbola-Brazil.gif Honda-Batam

Legenda sepak bola Brasil, Carlos Alberto Torres, meninggal di usia 72 tahun. (AFP PHOTO/NELSON ALMEIDA)

BATAMTODAY.COM, Brasil - Brasil dirundung duka setelah pesepak bola legendaris mereka, Carlos Alberto, wafat di usia 72 tahun akibat serangan jantung, Selasa (26/10) waktu setempat.

Nama Alberto memang tidak sementereng Pele, namun ia menorehkan tinta emas dalam sejarah sepak bola Brasil. Ia merupakan salah satu pencetak gol terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia.

Alberto sukses mencetak gol ciamik sekaligus menutup kemenangan Brasil 4-1 atas Italia pada laga final Piala Dunia 1970 di Stadion Azteca Meksiko.

Gol indahnya tercipta berkat kerja sama dari kaki ke kaki yang merupakan ciri khas permainan Samba. Pele kemudian memberikan sodoran ke sisi kiri pertahanan lawan, sementara Alberto berlari kencang sekaligus menendang keras bola ke sudut gawang, dan gol!

FIFA pun mencatat gol tersebut sebagai satu di antara gol terbaik sepanjang sejarah gelaran pesta sepak bola sejagad itu.

Sepanjang kariernya, Alberto tidak pernah berkarier di Eropa. Memulai karier profesionalnya bersama Fluminense namun masa keemasannya terjadi di Santos di mana ia bermain bersama Pele.

Bermain selama delapan musim untuk Santos dan mencatatkan 445 penampilan dan 40 gol di liga domestik Brasil. Ia sempat bergabung dengan Flamengo sebelum menerima tawaran berkarier di Amerika Serikat bersama New York Cosmos.

Setelah tiga musim di Cosmos, Alberto sempat hijrah ke California Surf sebelum akhirnya kembali ke Cosmos pada 1982 sekaligus menutup karier profesionalnya sebagai pemain.

Alberto pernah mendapat penghargaan individu Brazilian Football Museum Hall of Fame dan masuk dalam daftar 100 pemain terbaik FIFA di 2004.

Setelah pensiun sebagai pemain, ia melanjutkan karier sebagai pelatih di sejumlah klub lokal Brasil. Setelah pensiun dari sepak bola ia bekerja sebagai komentator.

Alberto merupakan satu di antara legenda sepak bola dunia yang memiliki pengaruh bagi pemain lain. Bahkan federasi sepak bola dunia, FIFA menyebutnya sebagai sosok yang dilahirkan sebagai pemimpin.

Sumber: BOLA
Editor: Udin