Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Buaian Bayi Modern Senyaman Rahim Ibu
Oleh : Redaksi
Rabu | 26-10-2016 | 13:50 WIB
tidur-box-bayi-edit.gif Honda-Batam

Ilustrasi bayi tidur (sewaboxbayi.com.blogspot)

BATAMTODAY.COM, San Fransisco - Orang tua seringkali kewalahan menghadapi bayi yang rewel. Ketika bayi menangis, banyak orang tua bingung harus melakukan apa.

Teknik menenangkan bayi yang selama ini diketahui juga membuat dokter anak Harvey Karp nyaris menyerah.

Penulis buku The Happiest Baby on the Block ini pun menghabiskan waktu lima tahun untuk membuat boks buaian bayi pintar yang ia sebut Snoo.

Sebagaimana diberitakan laman qz.com, Snoo adalah boks bayi yang digadang-gadang bisa menenangkan bayi dalam waktu kurang dari satu menit.

Karp meluncurkan boks bayi tersebut di konferensi American Academy of Pediatrics di San Fransisco, AS. Boks tersebut ia peruntukkan bagi para bayi yang baru lahir sampai enam bulan.

Karp tak sendirian, ia turut menggandeng Deb Roy, direktur Laboratorium MIT Media Lab, dan Yves Behar, desainer. Ia mengatakan bahwa boks itu dilengkapi suara dan suasana layaknya di dalam rahim ibu.

Menurut Karp, bahkan hingga dewasa pun orang sering terlelap di perjalanan, baik di pesawat, kereta api ataupun mobil. Hal itu ia sebut meditasi.

"Cara meditasi di seluruh dunia adalah dengan suara ohm. Suara itu seakan meniru suara dalam rahim ibu," paparnya.

Tak hanya suasana di dalam rahim, sensor Snoo pun membuat boks bayi dapat berayun pelan mengikuti tangisan dan gerakan si bayi. Boks bayi ini juga dilengkapi dengan kantung tidur.

Karp menjelaskan bahwa kantung tidur tersebut layaknya jaket "kepompong" yang tersambung dengan kasur, sehingga mencegah bayi berganti posisi tengkurap, yang membuat mereka sulit bernapas.

Snoo memiliki desain polos dengan bahan mesh. Behar sengaja membuat desain polos agar berkesan modern dan futuristik. Menurutnya, pola lucu biasanya ditemukan di pakaian bayi atau furnitur lain.

Karp pun tak mempersoalkan warna. Ia mengatakan, nantinya orang tua akan lebih memerhatikan kualitas tidur serta keamanan si bayi.

Selain itu, boks bayi ini juga terhubung dengan sebuah aplikasi ponsel yang bisa memudahkan orang tua untuk menyalakan atau mematikan ayunan boks.

Boks bayi Snoo sebelumnya telah diuji coba terhadap 200 bayi yang berusia di bawah empat bulan. Anda bisa memiliki benda "penyelamat" ini dengan harga US$1.160 (Rp15 juta) di situs web Happiest Baby.

Selain berguna untuk menenangkan bayi, rupanya Karp sengaja menciptakannya untuk membuat seluruh anggota keluarga mendapatkan tidur berkualitas.

"Ini memang terdengar sepele hingga Anda sadar bahwa orangtua yang kekurangan tidur dan kelelahan bisa menghabiskan berjuta-juta dolar untuk perawatan kesehatan," ungkapnya.

Bahkan, Karp mengatakan hal itu bisa mengakibatkan masalah yang lebih serius, misalnya depresi, kematian bayi saat tidur, dan kecelakaan mobil.

Ia menjelaskan, suara tangisan bayi bisa membuat orang tua stres, dan suara itu lah yang digunakan oleh militer AS sebagai bentuk "penyiksaan".

"Angkatan laut SEALS dilatih dengan melalui gangguan tidur. Mereka dipaksa mendengarkan suara tangisan bayi melalui pengeras suara," tambah Karp. "Dan itu adalah hari-hari normal bagi keluarga yang memiliki bayi."

Sumber: qz.com
Editor: Udin