Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Rahasia Tidur Siang Sempurna di Sela Jam Kerja
Oleh : Redaksi
Rabu | 26-10-2016 | 10:26 WIB
Rahasia-Tidur-Siang1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi Rahasia Tidur Siang yang Sempurna. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidur siang terbukti baik bagi kesehatan. Selain menambah energi, juga memperbaiki memori otak. Demikian disampaikan Nick Littlehales, pakar tidur asal Inggris, dikutip laman CTV News.

Nick juga dikenal sebagai pelatih tidur (sleep coach) langganan para pesohor. Salah satu pelanggannya tak lain pesepak bola Cristiano Ronaldo. Tugas Nick memaksimalkan kualitas tidur mereka.

Lewat buku terbarunya, Sleep–The Myth of 8 Hours, Nick menjabarkan hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan tidur sempurna pada siang hari layaknya mengisi ulang daya baterai.

"Ini adalah momen singkat di waktu yang tepat pada siang hari di mana Anda bisa sejenak tidur untuk mengembangkan kewaspadaan dan kepedulian hingga 54 persen," kata Nick kepada CTV News.

Menurut Nick, tidur lebih baik daripada mengandalkan kafein atau bahkan menelan obat tidur secara berlebihan. “Lebih baik tidur selama 15-20 menit. Ini akan memberikan energi tambahan dan keseimbangan.”

Rata-rata orang tidur dua kali sehari, pada siang dan malam. Lewat bukunya, Nick melontarkan teori peralihan dari tidur lama pada malam hari menjadi tidur polyphasic, lebih dari dua kali sehari.

"Kita tidur sebentar pada malam dan menggunakan waktu siang serta sore untuk tidur. Ini sangat alami bagi kita manusia," kata Nick. Ini lah saatnya mengubah kebiasaan tidur tradisional delapan jam sehari.

Menurut Nick, waktu sempurna untuk beberapa kali memejamkan mata antara pukul satu-dua siang dan lima sore-tujuh malam. Waktu tidur cukup 30 menit. Ia menyarankan tidur di tempat sunyi, di sofa atau bangku taman.

Begitu Anda membuka mata, Nick menyarankan untuk sejenak menikmati lingkungan sekitar.

Pada 2008, sebuah penelitian yang dilakukan University of Düsseldorf di Jerman menunjukkan bahwa tidur siang sesingkat apa pun dapat menambah kemampuan memori otak.

Begitu pula penelitian NASA pada 1995 yang memperlihatkan manfaat tidur siang 26 menit bisa memperbaiki performa pilot untuk penerbangan jarak jauh.

Dr. Adam Moscovitch, pakar tidur asal Toronto, Kanada, yang menjabat sebagai direktur medis Sleep & Fatigue Institute, juga mengungkapkan pandangannya tentang manfaat tidur siang kepada CTV News.

"Studi yang melibatkan pilot-pilot penerbangan transatlantik memperlihatkan manfaat tidur setengah jam ternyata membuat perbedaan besar dalam performa, keselamatan dan produktivitas," kata Adam.

Ia menambahkan, "Triknya adalah tidur siang cukup supaya mendapatkan kualitas menyegarkan. Bila tidur terlalu lama, Anda akan limbung, yang kami sebut inersia, butuh waktu lama untuk meredakannya".

Menurut Adam, jika Anda ingin mendapatkan tidur siang sempurna di jam kerja, maka terlebih dulu minum secangkir kopi sebelum merebahkan kepala. Dengan begitu tidur siang Anda tidak kebablasan.

Buku Nick siap dirilis pada 27 Oktober 2016. "Jika Anda melihat sampul bukunya, tidak ada domba, tidak ada obat-obatan, tidak ada pasangan di kolong tempat tidur, hanya ada tombol daya. Itu lah gambaran isi bukunya."

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha