Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gotong Royong untuk Kebersihan Lingkungan
Oleh : alrion/ sn
Jum'at | 23-09-2011 | 07:16 WIB

KARIMUN, batamtoday - Untuk kebersihan lingkungan, drainase dan kerapian kota, warga Buru melakukan gotong royong. Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerja sama dengan pihak Kecamatan Buru dan melibatkan semua unsur pimpinan Kecamatan.

Camat Buru Ramli mengatakan, kurang lebih 100 orang warga Buru secara bersama-sama membersihkan drainase. "Kegiatan ini bentuk kerja sama antar warga dengan pihak pemerintah Kecamatan Buru yang sudah terjalin dengan masyatakat. Himbauan yang kami sampaikan pada masyarakat agar bersama melakukan gotong royong ternyata disambut dengan baik. Mereka dengan peralatannya langsung ikut membersihkan drainase," ujar Ramli kepada batamtoday, Jum'at (23/9/2011).

Kata Ramli lagi, seharusnya gotong royong diseleraskan dengan kegiatan Sabtu bersih, namun berhubung hari Sabtu bagi pegawai kecamatan adalah hari libur maka kegiatan ini ilakukan pada hari Kamis (22/9/2011).

"Kami berusaha menjadikan Kecamatan Buru menjadi Kecamatan yang bersih dan rapi. Artinya kebersihan kota tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, melainkan tanggungjawab bersama, seperti masyarakat yang membersihkan sampah atau mengangkat pasir dari dalam drainase," tambah Lori.

Menurut Ramli, kesadaran masyarakat Buru tentang kebersihan lingkungan sangat tinggi, karena mereka tahu bahwa lingkungan yang bersih penting untuk kesehatan. Jadi aliran air di sepanjang jalan tidak ada yang tersumbat, karena drainasenya bersih sehingga aliran air lancar ke laut.