Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kios Air Bantu Kebutuhan Warga Permukiman Liar
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Kamis | 22-09-2011 | 12:49 WIB

BATAM, batamtoday - Kios air ATB sangat membantu masyarakat yang tinggal di permukiman liar (ruli). Seperti kios air di Ruli Kampung Baru, Sekupang menjadi penunjang kebutuhan pokok air bersih warga sekitar dengan harga terjangkau dan variatif.

Dijelaskan Hendrik, pengelola Kios Air yang ditemui batamtoday saat menjalankan tugasnya bahwa tempat tersebut sudah berdiri sejak tahun 2003. Fungsi kios air ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga ruli.

Sistem pendistribusian air ke warga ada yang langsung dialirkan ke rumah-rumah warga atau membeli langsung secara eceran ke kios tersebut. 

"Air dialirkan per titik. Satu titik bisa untuk lima rumah warga. Ada juga warga yang beli air pakai jerigen," terangnya, Kamis (22/9/2011).

Sistem pembayarannya, lanjut Hendrik, ada yang mingguan dan ada yang langsung bayar, dialiri sesuai takarannya. "Kebanyakan kalau mereka butuh, datang ke kios, memesan air dan langsung bayar," katanya.

Lanjutnya, pemesanan air tergantung cuaca juga, jika cuaca panas biasanya makin banyak yang beli air, kalau lagi hujan biasanya berkurang karena banyak warga yang menampung air hujan untuk kebutuhan mereka.

"Lagi musim hujan kayak gini, paling mereka beli pakai jerigen," tuturnya.

Untuk harga air, sangat variatif makin susah jangkauan maka makin mahal harganya jarak untuk mengalirkannya makin jauh. Sementara, harga eceran untuk satu jerigen hanya dipatok Rp500.