Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Di Batam Ternyata hanya TNI yang Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemko Batam Ogah!
Oleh : Romi Chandra
Minggu | 02-10-2016 | 13:00 WIB
TNI_pancasila.jpg Honda-Batam

Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam menggelar peringatan Hari Kesaktian Pancasila (Foto: Romi Chandra/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam, menggelar upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2016).

Sebagai perugas upacara, dilaksanakan oleh Irup Mayor Inf Renaldy Kasdim 0316/Batam, Pa Up Lettu Dede Tri Haryanto, Dan Unit Inteldim 0316/Batam, Dan Up Kpt Inf Suherman, Danramil 01/BB, Pembaca Ikrar Kapten Arh Patar Purba, Pasiops Dim 0316/Batam, serta pembaca doa, Kpt Inf Arpen Pasilogdim 0316/Batam.

Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Andreas Nanang Dwi, pada BATAMTODAY.COM, mengatakan, memperingati hari Kesaktian Pancasila sangat penting dilaksanakan, agar bisa terus memahami dan mengerti apa yang menjadi dasar Negara Republik Indonesia ini.

"Pancasila adalah dasar terbentuknya negara RI, yang diperkuat dengan UU. Kita harus memahami pentingnya Pancasila, terutama untuk TNI sendiri, sebagai satuan pembela negara," ungkap Andreas, Minggu (2/10/2016).

Kegiatan tersebut juga berjalan tertib hingga akhir pelaksaan upacara. Ia juga mengharapkan memperingati Hari Kesaktian Pancasila juga diperingati oleh madyarakat luas, baik di sekolah maupun di pemerintahan.

"Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya harus ikut memperingatkan Hari Kesaktian Pancasila ini. Dengan memperingatinya, tentu kita bisa mengerti dan memperjuangkan negara ini dengan cara memajukannya. Tentunya, lima butir sila yang tertuang di dalamnya bisa menjadi tolak ukur membangun negeri ini," pungkasnya.

Sementara pantauan di lapangan, Hari Kesaktian Pancasila hanya diperingati oleh TNI. Sedangkan pemerintah Kota Batam serta sekolah-sekolah sama sekali tidak melaksanakan upacara. Kondisi ini tentu akan membuat lunturnya pemahaman tentang Pancasila sendiri pada para pelajar.

Editor: Surya