Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aunur Rafiq Pimpin Upacara pembukaan TMMD ke-97 tahun 2016 di Karimun
Oleh : Nursali
Rabu | 21-09-2016 | 16:05 WIB
aunur-tmmd1.jpg Honda-Batam

Aunur Rafiq tang tampil sebagai inspektur upacara pembukaan TMMD ke-97 tahun 2016 saat menginspeksi barisan upacara. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016 di Karimun dimulai dengan upacara pembukaan TMMD yang diikuti antusias ratusan warga Pulau Parit, Kecamatan Karimun, Rabu (21/9/2016).

Bupati Karimun Aunur Rafiq yang tampil sebagai inspektur upacara pembukaan TMMD ke-97 tahun 2016 mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD merupakan wujud dari tugas pokok TNI kepada negara.

Tugas pokok TNI dimaksud, lanjut Rafiq, membantu tugas pemerintah daerah yang berkenaan dengan peran TNI selaku bagian dari komponen negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tugasnya.

"Dalam hubungannya dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah, kegiatan TMMD tentu merupakan bagian dari perwujudan pelaksanaan urusan pemerintahan umum, sebagaimana dimaksud pasal 25 Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah," ujar Aunur Rafiq.

Secara limitatif, Rafiq menambahkan, dalam ketentuan pasal 25 ayat (3) Undang-undang nomor 23 tahun 2014 mengatur, bahwa dalam melaksanakan tugas urusan pemerintahan umum kepala daerah dibantu oleh instansi vertiKal

"Oleh karenanya kegiatan TMMD yang diselenggarakan oleh TNI, sangatlah kontekstual dengan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah saat ini," Kata Rafiq.

Aspek legal terlibatnya TNI dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, menurutnya, sangatlah penting untuk diketahui, mengingat masih adanya stigma masa lampau yang menganggap TNI masih belum sepenuhnya berkonsentrasi terhadap tugasnya.

Sehingga niat baik pun sering dianggap salah, dan tidak sedikit diantaranya terjebak dalam kehatian-hatian yang berlebihan, yang sebenarnya justru dapat menghambat pelaksanaan tugas pokok TNI.

"Kita harus senantiasa mengembangkan prasangka baik dan pemikiran konstruktif, terkait dengan pelaksanaan tugas pokok TNI. Terlebih kita pun menyadari, bahwa kepentingan rakyat khususnya yang tingkat kesejahteraan masih rendah, lebih membutuhkan perhatian dan percepatan penanganan dibandingkan dengan mengembangkan wacana yang tidak pernah berujung," katanya lagi.

Selaku Kepala Daerah, dirinya menyadari bahwa pola kerjasama lintas sektoral dan koordinasi antar pemangku kebijakan maupun pemangku kepentingan, akan lebih efektif dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah, korelasinya dengan upaya bersama dalam mengakselerasi tercapainya tujuan pembangunan nasional, yaitu terwujudnya ma‬syarakat adil, makmur dan sejahtera.

"Dalam konteks inilah semua pihak harus dapat memahami dan menangkap pemikiran, tentang konsepsi tugas pokok TNI yang salah satunya terkait dengan membantu tugas pemerintahan daerah pada umumnya, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah khususnya," ungkap Bupati Karimun ini.

Selain itu, kata Rafiq, selaku komponen masyarakat, kita harus memahami benar bahwa TNI mewarisi nilai perjuangan masa lalu yang hidupnya tidak lepas dari rohnya, yaitu rakyat.

"Sehingga dengan demikian kita pun dapat menyadari, apabila TNI terpanggil untuk berbuat sesuatu guna membantu unsur penyelenggara negara lainnya dalam mewujudkan amanah konstitusi," pungkasnya.

Upacara pembukaan TMMD ke-97 tahun 2016 di Karimun ini diikuti Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Fachri, Dandim 0317/TBK, Letkol Inf I Gusti Ketut Arthasuyasa dan Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Bima Irawan Marpaung dan sejumlah pejabat lainnya dan tokoh masyarakat Karimun.

Editor: Dardani