Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Potugal Larang Perokok Dekati Sekolah dan Rumah Sakit
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-09-2016 | 09:38 WIB
zat-rokok-merusak-kecantikan.jpg Honda-Batam

Ilustrasi wanita merokok. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Portugal - Pemerintah Portugal menyetujui peraturan baru yang melarang orang merokok di dekat sekolah dan rumah sakit, seperti yang dikatakan Menteri Kesehatan Portugal, pada Kamis (15/9/2016), seperti yang dikutip dari Antara.

 

Berdasarkan peraturan baru itu, perokok dilarang berada dekat tempat bermain anak-anak, daerah yang berada di dekat pintu serta jendela gedung pendidikan dan kesehatan mulai Januari tahun depan.

Menurut Direktorat Kesehatan Umum Portugal, sebanyak 12.000 warga Portugal meninggal dunia akibat mengkonsumsi tembakau setiap tahunnya.

Portugal memberlakukan larangan mengenai merokok pada Januari 2008, namun peraturan lebih longgar dibandingkan dengan yang ada di negara lain Eropa, sebagaimana dikutip dari Xinhua.

Peraturan tersebut melarang daerah kurang dari 100 meter persegi untuk digunakan perokok dan gedung umum wajib memiliki area untuk merokok disertai dengan saluran udara yang baik.

Tahun lalu, pemerintah membuat peraturan yang lebih ketat, dengan melarang orang merokok di semua gedung umum tertutup.

Peraturan tersebut baru akan diberlakukan pada 2020, sehingga ruang umum di tempat kerja yang memiliki ruang untuk merokok dapat menerapkan peraturan baru itu.

Negara tersebut belum lama ini juga memberlakukan peraturan baru yang mewajibkan perusahaan tembakau menggunakan kemasan yang berisi peringatan berbentuk gambar.

Pemerintah juga melarang kata-kata dalam penjualan rokok seperti "ringan", yang dirasa dapat menyesatkan.

Rokok dengan rasa aromatik dan rokok elektronik yang berisi nikotin juga akan dilarang paling lambat pada 2020.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Dardani