Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Duta Besar Inggris Jadi Muallaf dan Naik Haji
Oleh : Redaksi
Jum'at | 16-09-2016 | 16:26 WIB
simon_collisbyfawziah.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Duta besar Simon Collis saat menunaikan ibadah haji. (Foto: Huda Mujarkech)

BATAMTODAY.COM, London - Duta besar Inggris untuk Arab Saudi, Simon Collis, menunaikan ibadah haji tahun ini setelah masuk Islam.

Collis yang melakukan ibadah ini bersama istrinya, Huda Mujarkech, merupakan diplomat senior Inggris pertama yang masuk Islam dan menunaikan ibadah haji, yang membuatnya banyak mendapatkan ucapan selamat dari berbagai kalangan. Ramadan adalah jihad, pengalaman warga Inggris yang masuk Islam

Foto-foto Collis diunggah di media sosial yang mendapat sambutan positif, antara lain penulis dan pegiat wanita Arab Saudi, Fawziah Albakr, yang menulis dalam bahasa Arab, "Duta besar Inggris untuk Arab Saudi menjalani ibadah haji setelah masuk Islam. Simon Collis dengan istrinya Huda di Mekah. Alhamdulillah."

Sementara itu Putri Basmah binti Saud menulis, "Selamat khususnya kepada duta besar dan istrinya."

Collis lewat Twitter mengucapkan terima kasih kepada para pemberi selamat, dan mengungkapkan dia telah masuk Islam sesaat sebelum menikahi istrinya.

Dia menulis, "Pendeknya, saya masuk Islam setelah menghabiskan 30 tahun di masyarakat Muslim dan sebelum menikahi Huda."

Diplomat Inggris tersebut telah menjabat sebagai duta besar untuk Arab Saudi sejak 2015. Dia telah bertugas untuk Kemenlu Inggris, termasuk sebagai duta besar untuk Irak, Suriah dan Qatar.

Pada 2012, oleh Kemenlu dia diminta meninggalkan Suriah karena alasan keamanan dan secara terbuka dia mengkritik rezim Assad atas perannya dalam perang saudara.

Collis juga menjabat sebagai konsulat jenderal di Dubai dan Basra, juga pernah bertugas di Tunis, New Delhi, dan Amman.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani