Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menteri Pertanian Ingin Lingga Jadi Pengekspor Beras Organik Terbesar di Indonesia
Oleh : Nurjali
Rabu | 07-09-2016 | 09:38 WIB
mentandanbupati.jpg Honda-Batam

Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Bupati Lingga Alias Wello, dan Wakil Walikota Batam, serta sejumlah pejabat tinggi di Kepri sesaat sebelum bertolak dari Batam ke Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman hari dijadwalkan tiba di Pelabuhan Sungai Tenam Kabupaten Lingga, pagi ini. Dalam perjalanan dari Batam ke Kabupaten Lingga, Mentan Arman Sulaiman mengatakan, menginginkan Kabupaten Lingga untuk menjadi pengekspor beras organik terbesar di Indonesia.

Mentan Andi Amran Sulaiman mengatakan, melihat kondisi geografis Kabupaten Lingga Provinsi Kepri. Yang jaraknya lebih dekat dengan negara jiran Malaysia dan Singapura dan sebagai satu-satunya Kabupaten di Kepri yang memberanikan diri mengembangkan sektor pertanian.

Maka tidak salah jika Kabupaten Lingga nantinya harus mampu menjadi pengekspor beras organik terbesar di Indonesia. "Secara geografis, Lingga lebih dekat dengan Singapura dan Malaysia dibandingkan dengan daerah lainnya."

"Peluang pasar beras organik ini harus kita rebut. Lingga sebagai daerah perbatasan yang memiliki akses pasar paling dekat keluar negeri, harus berada di garis terdepan," tegas Amran saat meninjau pelabuhan tikus di Batam, Selasa, (6/9/2016).

Permintaan menteri ini nantinya akan diwujudkan dengan dukungan penuh darinya. Bahkan Amran Sulaiman berjanji akan mendukung penuh pencetakan sawah di Kabupaten berjuluk "BundaTanah Melayu" itu.

"Tahun ini juga, saya bantu pencetakan sawah di Lingga seluas 2.000 Ha, berikut benih, pupuk organik dan peralatan mekanisasinya," katanya.

Hari ini menteri Amran Sulaiman dijadwalkan akan melakukan penanaman perdana di lahan sawah yang baru saja di buka, oleh Aster Mabes TNI AD, Mayjen Komaruddin, tepatnya di desa Bukit Langkap Kabupaten Lingga.

Editor: Dardani