Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ISPA dan Hipertensi Rata-rata Penyakit yang Dialami Masyarakat Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 05-09-2016 | 17:26 WIB
ISPA-dan-bengek.gif Honda-Batam

Ilustrasi penderita penyakit ISPA (Sumber foto: tuliat.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan Hipertensi menjadi penyakit yang dominan dikeluhkan masyarakat ke Puskesmas Tarempa, Kecamatan Siantan. 

Kepala Puskesmas Tarempa, drg Favi Dhzikra‎ mengatakan, ada lima penyakit yang dominan dikeluhkan masyarakat, yakni ISPA, Hipertensi, Diabetes, Penyakit Gigi dan Mulut serta sakit perut. Namun, pasien yang lebih banyak yakni pengidap ISPA dan Hipertensi.

"Data yang kami himpun selama ini, penyakit yang rata-rata dialami oleh masyarakat ISPA dan Hipertensi. Penyakit itu hampir setiap hari dikeluhkan oleh masyarakat. Itu disebabkan faktor lingkungan, karena para nelayan di sini kerjanya menyelam terus. Penyakit itu tergantung pada pola hidup kita, kalau sering berolahraga, tentu tidak parah, lagian yang paling banyak mengidap itu laki-laki karena pengaruh dari asap rokok juga," ujarnya, Senin (05/09/2016).

‎Ketika disinggung mengenai penyakit malaria, Favi mengatakan, hingga saat ini belum ada masyarakat yang mengidap penyakit tersebut. Malaria bisa diantisipasi bila masyarakat menjaga lingkungan, laut yang jorok merupakan tempat nyamuk malaria. Untuk itu dia berharap, agar masyarakat sadar akan lingkungan serta jangan membuang sampah di laut.

"Kalau kita hidup bersih, tentu hidup kita akan sehat. Kalau tempat kita kotor, semakin banyak ancaman penyakit yang akan menyerang kita. Itu kembali lagi kepada masyarakat, masyarakat harus sadar akan lingkungan, air payau dan sampah yang ada di laut itu tempat malaria berkembang," terangnya.

‎Dia juga menyinggung, sejauh ini pihaknya belum ada menerima keluhan terkait berlebihan mengkonsumsi durian. Malahan katanya lagi, durian kaya akan vitamin C. "Memang saat ini lagi musim durian, durian itu justru bagus, karena mengandung vitamin C. Tetapi bila dikonsumsi secara berlebihan, berpotensi pada kolesterol, sama halnya dengan seafood," terangnya.
    
Editor: Udin