Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seorang Wanita Diduga Terpapar Virus Zika Dirawat di RS Embung Fatimah Batam
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 05-09-2016 | 16:02 WIB
viruszika.jpg Honda-Batam

Ilustrasi nyamuk penyebar virus zika. (Foto: Depkes)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Seorang warga Batam berjenis kelamin wanita, berumur 38 tahun, diduga telah terinfeksi virus Zika dari Singapura. Saat ini dia dirawat secara intensif di ruang perawatan khusus RS Embung Fatimah Batam.

Sebelumnya, wanita yang bersuami warga Singapura itu terdeteksi terinfeski virus Zika, setelah memilih pulang dari Singapura. Ia mengalami gejala mirip dengan penderita yang terkena virus Zika.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Djejep Yudiana, mengatakan, dari pemeriksaan sampel darah awal Mrs X di Batam ke laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) Kementerian Kesehatan, hasil speciment sampel darahnya negatif.

"Tetapi untuk lebih memastikan, sampai saat ini masih akan kembali diperiksa dengan dua kali pemeriksaan darah di Badan Libangkes Kementeriaan Kesehatan Jakarta. Saat ini kami masih menunggu hasil test sample darah yang kedua dan ketiganya," ujar Djejep.

Saat ini, tambah Djejep, pasien yang sebelumnya dirawat di RS Badan Pengusahaan (BP) Batam, sudah dirujuk ke RS Embung Fatimah. Pasien ditempatkan di ruangan perawatan khusus. Diyakini dalam ruangan tidak ada nyamuk.

"Yang bersangkutan, akan tetap dirawat oleh pemerintah, sampai ada hasil dari laboratorium kedua dan ketiga dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehtaan Badan Litbangkes Kemenkes. Mundah-mudahan hasil testnya yang kedua dan ketiga ini juga negtif, sehingga kita masih terbebas dari virus zika ini," ujarnya.

Editor: Dardani