Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kurang Tidur Pengaruhi Kemampuan Akademis Anak
Oleh : Dodo/TempoInteraktif
Kamis | 15-09-2011 | 14:33 WIB

BATAM, batamtoday - Anak-anak harus tidur dalam waktu yang cukup. Jika waktu tidurnya kurang, hal itu bisa mempengaruhi kemampuan belajar di sekolah.

Sebuah penelitian yang dilansir di Daily Mail, Kamis (15/9/2011), menyebutkan anak-anak yang tidurnya kurang dari sembilan jam pada malam hari akan mengalami sejumlah persoalan di sekolah.

Penelitian itu dilakukan terhadap 142 pelajar sekolah dasar. Para peneliti membandingkan jam tidur dengan kemampuan akademis mereka.

Peneliti menemukan kebanyakan anak berusia enam dan tujuh tahun yang kurang tidur kurang dapat berkomunikasi dan memecahkan pertanyaan matematika dasar. Ejaan, tata bahasa, dan pemahaman mereka juga kurang. Daya ingat dan kemampuan mereka untuk belajar pun terpengaruh.

Pemimpin penelitian Ramon Cladellas, dari Universitas Autonomous, Barcelona, menekankan pentingnya tidur malam yang cukup. “Kurangnya jam tidur pada anak bisa menghambat perkembangan intelektual mereka,” katanya.

Penelitian itu muncul lantaran makin banyak anak yang diizinkan memiliki komputer dan televisi di kamar tidur mereka. Anak-anak pun banyak terpaku pada televisi, komputer, dan video games, sehingga waktu tidur mereka kurang.

Profesor Russell Foster dari Universitas Oxford mengatakan waktu tidur 9 hingga 9,5 jam merupakan waktu yang optimal untuk kinerja kognitif pada praremaja. “Tidur malam yang cukup sangat penting,” ujarnya.