Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Harus Waspada dan Siaga Penyebaran Virus Zika dari Singapura
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 29-08-2016 | 10:50 WIB
Rudi-Chua2.jpg Honda-Batam

Anggota DPRD Kepri, Rudi Chua.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri dan para pihak terkait harus segera mengambil tindakan antisipasi dini penyebaran virus Zika dari Singapura, mengingat ditemukannya 41 orang telah terinfeksi virus Zika di negara tetangga itu.

Dengan akses dan lalu lintas manusia yang begitu intes, serta letak geografis Kepri yang sangat dekat degan Singapura, tidak menutup kemungkinan akan menyebar ke Provinsi Kepri. Apalagi, hampir setiap hari wisatawan dan pelaku usaha keluar masuk dari Kepri ke Singapura dan sebaliknya.

Anggota DPRD Kepri, Rudi Chua, meminta Pemerintah Provinsi Kepri agar lebih dini mengantisipasi penyebaran virus tersebut masuk ke Kepri, baik berupa pencegahan maupun antisipasi dengan kesiapan penanganan penyakit itu seandainya ditemukan di Kepri.

"Dinas kesehatan dan seluruh stakeholder perlu lebih waspada dalam mengantisipasi dan melakukan pencegahan penyerbaran penyakit ini masuk ke Provinsi Kepri," ujar Rudi Chua kepada BATAMTODAY.COM, Senin (29/8/2016).

Antisipasi dini, siaga dan kewaspadaan semua pihak sangat diperlukan terhadap penyebaran virus Zika ini. Termasuk sosialisasi bahaya, gejala serta penanganan, sangat perlu disosialisasikan pada masyarakat yang akan berangkat atau baru datang dari luar negeri," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Djejep Yudiana, yang doikonfirmasi BATAMTODAY.COM terkait upaya kewaspadaan dan siaga yang telah dilakukan atas penyebaran virus Zika di Kepri ini, belum dapat memberikan penjelasan. SMS konfirmasi yang dikirim ke ponselnya, juga belum mendapat jawaban.

Editor: Dardani