Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diharapan dapat Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Ironman Bintan 2016 Diikuti 1.200 Peserta dari 51 Negara
Oleh : Harjo
Minggu | 28-08-2016 | 09:00 WIB
konpres Ironman.jpg Honda-Batam

Konferensi pers pelaksanaan Ironman Bintan 2016 (Foto: Harjo/BATAMTODAY)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sebanyak 1.200 atlet dari 51 negara akan mengikuti Ironman 70.3 Bintan 2016 yang akan melombakan cabang olahraga renag, sepeda dan lari marathon. Pelaksanaan Ironman 70.3 Bintan 2016 tersebut akan dilaksanakan di Kawasan Pariwusata Lagoi (KPL) Bintan, Minggu, (28/8/2016)

Even ini adalah salahsatu ajang untuk menarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kepulauan Riau (Kepri), khususnya dan Indonesia pada umumnya. Kegiatan di Bintan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sebesar 20 persen ke Indonesia dan menjadikan Bintan sebagai salah satu destinasi wisata yang wajin dikunjungi.

Demikian disampaikan oleh Rizki Handayani dari Kementerian Pariwisata RI usai melepas sejumlah peserta atlet Ironkids di Lagoi Bay, Sabtu (27/8/2016). Kiki mengatakan, pihaknya sangat mendukung acara Ironman, karena akan menambah daya tarik kunjungan wisatawan dari mancanegara.

Selain itu, even ini juga akan meningkatkan citra Bintan sebagai destinasi wisata berkelas internasional, karena letak Bintan sangat strategis.

"Dengan letak yang strategis, sebuah nilai lebih untuk mempercepat naiknya kunjungan wisata, sehingga dibutuhkan mempromosikan untuk mengundang wisatawan. Hal tersebut faktor pendukung disamping adanya iven yang lain, dan akan terus di kembangkan," katanya.

Menurutnya, meski ada pemotongan anggaran promosi wisata di kementeriannya dan Bintan juga mengalamai defisit anggara, tetapi kegiatan tetap dilaksanakan.

"Kementerian Pariwisata RI akan terus mendukung iven yang bisa meningkatkan jimlah kunjungan wisatawan ke Kepri," katanya.

Sementara itu, Dalmasri Syam, Wakil Bupati Bintan, mengatakan, kegiatan Ironman di Bintan, memang sudah menjadi salah satu agenda wisata alam kalender tahunan Dinas Pariwisata Bintan.

" Tahun ini sedikitnya sudah diikuti oleh sekitar 1200 peserta dari 51 negara. Pemkab Bintan, PT Bintan resort Cakrawala (BRC) dan Kementerian Pariwisata RI, serta dukungan dari sponsor akan terus mengembangkan iven dengan skala yang lebih besar lagi kedepan," kata Dalmasri.

Abdul Wahab, GM BRC menambahkan, penyelenggaraan even seperti ini Ironman menyedot anggaran yang lumayan besar. Namun, hal tersebut memberikan dampak yang besar terhadap dunia pariwisata di Bintan.

"Dalam even ini sendiri sedikitnya sekitar RP 5 miliar anggarannya. Karena hal ini untuk meningkatkan kunjungan wisata di Bintan dan dampaknya akan lebib besar. Maka permasalahan anggaran tentunya tidak terlalu menjadi masalah, karena dalam pelaksanaannya juga kita bekerjasama dengan sponsor. Agar Bintan masuk dalam peta dunia sebagai pelaksana iven internasional ini," katanya.

Dalam acara ini selain dihadiri Rizki Handayani dari Kementrian Pariwisata RI, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, GM PT BRC Abdul Wahab juga dihadiri Nathalie Marques, CEO Neta Sport, para juara atau atlit Ironman diantaranya Cemeron Brown, Kate Bevilaqua dan Geooff Meyer.

Editor: Surya