Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Kapal MV Berge Faber yang Nabrak Karang di Pulau Nikoi Bintan
Oleh : Harjo
Kamis | 25-08-2016 | 17:02 WIB
kapalnabrakdikoi2.jpg Honda-Batam

Kondisi kapal MV Berge Faber saat mendapatkan bantuan. (Foto: Harjo)

 

 

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kapal yang membawa penumpang berkewarganegaraan asing dan menabrak karang di perairan Pulau Nikoi Bintan (20/8/2016) lalu, ternyata membawa penumpang warga negara Inggris dan Autria. Kapal itu bernama MV Berge Faber milik James Leslie Marshall, Langkawi Malysia.

 

Kasatpolair Polres Bintan, Ajun Komisaris Polisi Adi Sucipto kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (25/8/2016) mengungkapkan, Kapal MV Berge Faber sebelum kejadian berangkat dari pelabuhan Nongsa Point Marina Batam dengan tujuan Nikoi Island.

Namun sebelum sampai, kapal sudah menabrak karang di perairan Tanjungkeling Trikora II. Selanjutnya, nahkoda kapal meminta bantuan ke pengelola Nikoi Island Resort melali telepon.

"Selanjutnya penumpang dibawa ke Nikoi Island Resort dalam keadaan selamat. Setelah itu, korban kembali ke Batam melalui pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Sampai saat ini kapal tersebut, sedang diupayakan untuk bisa terapung agar dapat dilakukan perbaikan dan akan dibawa ke Singapura untuk perbaikan menyeluruh," ungkapnya.

Adapun data penumpang dan ABK kapal MV Berge Faber diantaranya, Yudas Iskarius, berkewarganegaraan Indonesia (nahkoda), Yasmin Pao Marshall, Talia Kirk Marshall, Kai Alexander Sohmen Marshall, James Leslie Marshall, semuanya warganegara Inggris, dan Michele Li Ming Marshall berkewarganegaraan Austria.

"Saat ini kapal tersebut dijaga oleh orang yang ditugaskan untuk menjaga keamanan kapal hingga bisa di perbaiki dan di bawa ke Singapura," teranya.

Ada pun data kapal selengkapnya :

Nama: MV.BERGE FABER
Kebangsaan: Langkawi/Malaysia
Nama panggilan: 9MSV9
No AIS: 53310147.
Berat : 72 ton.
Panjang : 21,10 meter.
Nakhoda:YUDAS ISKARIUS.
Nama pemilik:JAMES LESLIE MARSHALL
Kebangsaan: Langkawi/Malaysia
Nama panggilan: 9MSV9
No AIS: 53310147.
Berat : 72 ton.
Panjang : 21,10 meter.
Nakhoda:YUDAS ISKARIUS.
Nama pemilik:JAMES LESLIE MARSHALL. (Harjo)

Editor: Dardani