Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aksi Personil Provost Kodim 0317 TBK Bikin Balap Liar Kocar-kacir
Oleh : Nursali
Senin | 22-08-2016 | 14:14 WIB
balap-liar-1.jpg Honda-Batam

Aksi beberapa personil Provost Kodim 0317/TBK membuat pemalapliar kocar-kacir (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Aksi beberapa personil Provost Kodim 0317/TBK ini cukup ampuh dalam menertibkan arus lalulintas yang sering dijadikan arena balap liar, di kawasan Gedung Badang Perkasa, Kecamatan Tebing pada Minggu (21/8/2016) sore.

Selain sering dijadikan arena balap liar oleh sekelompok anak jalanan hingga membuat arus lalulintas di jalan tersebut lumpuh total, kawasan ini juga sering dikeluhkan oleh masyarakat sekitar akan aksi tersebut.

Di beberapa titik personil Provost Kodim 0317/TBK disiagakan untuk membubarkan aksi balap liar (Foto: Nursali)

"Saya telah sering menerima laporan dari masyarakat yang mengeluhkan aksi anak jalanan ini. Mereka cukup meresahkan masyarakat atas aksi yang mereka ciptakan. Ugal-ugalan di jalan. Bahkan arena itu sering dijadikan balapan oleh mereka," kata Dandim 0317/TBK, Letkol Inf I Gusti Ketut Arthasuyasa kepada BATAMTODAY.COM saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/8/2016).

Menurutnya, selain membahayakan pelaku, aksi tersebut juga membahayakan pengguna jalan lainnya. Sehingga dirinya pun segera mengambil inisiatif untuk menertibkan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Langkah ini terbilang ampuh untuk para pelaku aksi balap liar, pasalnya ketika personil TNI tersebut mulai menertibkan arus lalulintas, ratusan muda-mudi yang memadati badan jalan tersebut berhamburan membubarkan diri.

"Ada Bapak Tentara woi," Kata salah satu pemuda yang mengendarai sepeda motornya kepada rekan-rekannya.

Personil Provost Kodim 0317/TBK memblokir jalan untuk menghalau pembalap liar (Foto: Nursali)

Di tempat yang sama, salah satu pengguna jalan, Lim mengakui jalan yang dilaluinya tersebut memang kerap dijadikan arena balap liar. Bahkan tak jarang, aksi tersebut pun dijadikan tempat tongkrongan oleh muda-mudi dengan menggunakan sepeda motornya masing-masing, sehingga melumpuhkan arus lalulintas di jalan tersebut.

"Kalau tiap Sabtu dan Minggu memang sering di sini. Banyak yang balap-balapan di sini. Saya tiap hari minggu selalu lewat sini, karena baru pulang sama anak-anak dari pantai Pongkar," aku warga Tanjungbalai, Lim saat melintas.

Editor: Udin