Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agustus, Dinkes akan Imunisasi 73.183 Siswa SD di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 18-08-2016 | 20:26 WIB
imunisasi-campak.jpg Honda-Batam

Ekspresi bocah SD menahan sakit saat disuntik imunisasi Difteri Tenanus (Dt) dan Tetanus difteri (Td) oleh petugas kesehatan (Sumber foto: liataja.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam di Sekupang, akan memberikan pelayanan imunisasi terhadap anak Sekolah Dasar yang bersebar di dua belas Kecamatan yang ada.

"Bulan ini kita akan imunisasi 73.183 anak, dari 351 sekolah SD di 12 kecematan," ujar Kadinkes Batam, Chandra Rizal, kepada wartawan, Kamis (18/08/2016).

Ia mengatakan, data itu merupakan turunan penjumlahan dari Dinas Pendidikan Kota Batam. Untuk jumlah siswa SD yang akan diimunisasi mencapai 25.233 siswa, sedangkan untuk kelas II dan III sebanyak 47.950 siswa.

"Vaksinnya sudah tersedia, Agustus ini kami mulai kepada siswa kelas I, sementara kelas II dan III menyusul," ujarnya.

Nantinya ada tiga imnunisasi yang akan diberikan, diantaranya Tetanus difteri (Td) dan campak untuk siswa yang duduk di kelas I. Sedangkan untuk kelas II dan III diberikan imunisasi Difteri Tetanus (Dt).

Pemberian imunisasi akan dilakukan dengan cara suntik pada bagian lengan siswa. Saat ini pihaknya tinggal menunggu jadwal dari pihak sekolah.

"Kita menunggu jadwal saja dari pihak sekolah," tambah Kabid Pencegahan Pemberantasan dan Penyahatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Batam, Sri Rupiati.

Petugas yang bertugas nantinya, merupakan pegawai yang berada di Puskesmas dekat sekolah berada. Pelaksanaan imunisasi rencananya akan dilakukan hingga November 2016 nanti.

"Kita harapkan juga semua sekolah bisa bekerja sama dan membantu pemerintah dalam menyukseskan imunisasi nanti," pungkasnya.

Editor: Udin