Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kompol Jaswir Pimpin Upacara HUT RI ke-71 di Kawasan Industri Bintan
Oleh : Harjo
Rabu | 17-08-2016 | 13:14 WIB
pengibaran-bendera-di-Bintan.jpg Honda-Batam

Kompol Jaswir saat menjadi Irup dalam upacara bendera HUT RI ke 71 di KIB Lobam (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Komisaris Polisi Jaswir, Kapolsek Bintan Utara, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara HUT RI ke-71 di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam. Lokasi itu memang menjadi agenda tahunan  pelaksaan upacara bendera sejak awal beroperasinya kawasan tersebut pada tahun 1994, Rabu (17/8/2016).

Jaswir yang membacakan pidato memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-71 ini. Gubernur Kepri katanya, mengajak semuanya elemen untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan mengisi berbagai kegiatan positif yang bisa mengharumkan nama Indonesia di dalam dan luar negeri.

Di sisi lain, secara pribadi Kapolsek Bintan Utara yang menaungi tiga kecamatan, diantaranya kecamatan Bintan Utara, serikuala Lobam dan Teluksebong itu, mengharapkan semua elemen masyarakat yang ada untuk meningkatlan kepedulian terhadap lingkungan.

"Kondisi ekonomi daerah yang sedang defisit, keamanan ketertiban secara menyeluruh, membutuhkan kepedulian dari seluruh elemen masyarakat, agar kondisi yang sudah aman bisa semakin kondusif. Terutama dengan sering munculnya isu teroris dan tenaga kerja asing. Dengan adanya permasalahan tersebut peran serta seluruh anak bangsa sangat utama," harapnya.

T Sianturi, penasehat FKUI Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) Bintan, mengharapkan peran serta dari pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja agar terciptanya peluang kerja bagi masyarakat. Mengingat pada saat ini, investasi di Bintan semakin menurun, yang secara otomatis lapangan kerja semakin kecil dan pengengguran semakin banyak.

"Selain masalah menciptakan lapangan kerja, pengawasan terhadap tenaga kerja asing juga harus ditingkatkan. Mengingat sebelumnya sudah kedapatan TKA yang justru berada di perusahaan, namun tidak memiliki dokumen lengkap. Sementara isu banyaknya TKA yang menyerbu Indonesia saat ini semakin hangat," imbuhnya.

Khusus untuk masalah TKA, dibutuhkan kepedulian semua pihak untuk melakukan pengawasan, agar TKA tidak terkesan bisa seenaknya masuk dan beraktivitas di daerah ini. Sementara pengangguran masih sangat banyak di daerah ini, karena belum mendapatkan peluang kerja.

Dalam upacara bendera hari kemerdekaan di KIB Lobam itu, turut hadir Surya Cahyadi General Meneger PT BIIE Lobam, Jamin Hidajat senior Lasison BIIE, sejumlah pimpinan instansi pemerintah dan perwakilan pimpinan perusahaan yang ada di KIB Lobam, serta masing-masing karyawan perwakilan seluruh perusahaan  yang ada di KIB Lobam.

Semarak HUT RI di KIB Lobam, juga dimeriahkan dengan sejumlah hiburan rakyat, seperti marathon, tarik tambang, sepakbola dan lainnya. Puncak acara dari seluruh kegiatan dan pertandingan akan dilaksanakan 20 Agustus 2016.  

Editor: Udin