Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Van Niekerk Tak Percaya Pemecahkan Rekor Dunia Lari 400 Meter
Oleh : Redaksi
Selasa | 16-08-2016 | 12:02 WIB
pelari-afrika.jpg Honda-Batam

Wayde van Niekerk memecahkan rekor dunia 400 meter ketika memenangi emas 800 meter. (Sumber foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, Brasil - Pelari Afrika Selatan, Wayde van Niekerk, mencatatkan waktu tercepat dalam sejarah ketika ia memecahkan rekor dunia di nomor lari 400 meter dengan catatan 43,03 detik. Ia memangkas rekor Michael Johnson yang telah bertahan 17 tahun, yaitu 43,18 detik.

Berlari dengan luar biasa di jalur delapan, juara dunia berusia 24 tahun itu langsung melesat meninggalkan lawan-lawannya dan kemudian semakin menambah kecepatan.

"Saya percaya saya bisa memecahkan rekor dunia. Saya memimpikan medali ini sejak lama. Sejak saya masih kecil. Saya meminta pada Tuhan untuk mengangkat saya. Saya diberkati. Saya yakin ini mungkin. Saya berterima kasih kepada Michael Johnson untuk memberikan contoh yang sangat hebat bagi kami. Saya melakukan yang terbaik malam ini," kata van Niekerk kepada wartawan.

Van Niekerk melintasi garis finis dengan keunggulan nyaris lima meter dari peraih medali perak, Kirani James. Ia memegang kepalanya seolah tak percaya dengan pencapaiannya sendiri sebelum akhirnya diberi selamat oleh James.

"Saya bahagia menjadi bagian dari lomba bersejarah," kata James. "Kami telah menempatkan olahraga ini pada tempat yang sangat tinggi."

Pelari Amerika Serikat sekaligus perebut emas Olimpiade 2008, LaShawn Merritt, mendapatkan perunggu dengan catatan waktu 43,85 detik. Ini adalah pertama kalinya tiga pelari perebut medali mencatatkan waktu di bawah 44 detik.

"Ini lomba yang sangat hebat, momen yang hebat dalam sejarah," kata Merritt. Rekor dunia telah pecah. Pelari terbaik menang."

Johnson sendiri tercengang melihat pencapaian Niekerk dan rela melihat rekornya dipecahkan.

"Ya Tuhan! Dari jalur delapan, sebuah rekor dunia. Sejak awal ia berlari sangat kencang. Saya belum pernah melihat kecepatan seperti itu dari jarak 200 meter ke 400 meter," kata Johnson.

Sumber: Reuters
Editor: Udin