Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dihibur Siti Badriah dan Tina Marlina

Perayaan HUT RI ke-71, Pemkab Bintan Gelar Berbagai Lomba dan Hiburan Rakyat
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 15-08-2016 | 10:14 WIB
PentasKesenian1.jpg Honda-Batam

Berbagai pentas seni yang akan ditampilkan.

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71 tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Bintan akan menyelenggarakan berbagai kegiatan, mulai dari permainan rakyat, pertandingan olahraga, hingga pementasan seni dan budaya Melayu yang diselenggarakan di setiap kecamatan.

Pemerintah Kabupaten Bintan berharap, seluruh masyarakat ikut serta dalam rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-71, mulai dari malam pengukuhan Paskibraka yang digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu Kijang pada Senin, 15 Agustus 2016 pukul 19.30 Wib.

Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan yang diselenggarakan di tiap kecamatan serta dipusatkan di Relief Antam Kijang pada 17 Agustus 2016 pagi. Lalu dilanjutkan upacara penurunan bendera 17 Agustus 2016 sore, yang dirangkai dengan Malam Resepsi Kenegaraan dan Pentas Kesenian Hiburan Rakyat yang akan menghadirkan artis ibukota Siti Badriah dan Tina Marlina.‎

"Masyarakat diharapkan dapat mengikuti dan memeriahkan setiap agenda perlombaan HUT RI ke-71 dengan semangat kemerdekaan, yang diadakan di setiap kecamatan serta dipusatkan di Relief Antam Kijang Kecamatan Bintan Timur," ujar Kabag Humas dan Protokol Setda Kab Bintan Ronny Kartika, Senin (15/8/2016).

Ronny Kartika juga mengajak warga Bintan untuk hadir dalam kemeriahan pentas seni dan budaya berupa hiburan rakyat, yang digelar mulai pukul 20.00 Wib pada Kamis (17/8/2016), seusai Malam Resepsi Kenegaraan pada pukul 19.30 Wib.

Ditambahkan, untuk perayaan HUT RI ke-71 tahun 2016 ini, beberapa kecamatan menampilkan berbagai kategori jenis perlombaan. Mulai dari kategori olahraga, kategori budaya hingga permainan yang menunjukkan tradisional asli kultur budaya masyarakat Kabupaten Bintan.

"Setiap kecamatan akan mempunyai jenis perlombaan yang unik dan menjadi tradisi turun menurun. Seperti di Kecamatan Mantang, yang akan menampilkan jenis lomba dayung sampan dan juga meniti batang pohon," ujarnya.

Nantinya, setelah Upacara Pengibaran Bendera di Relief Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur, juga akan ditampilkan persembahan Tarian Zapin dan Barongsai. Begitu juga sebelum penurunan bendera, akan ada persembahan Tarian Zapin, Silat dan Reog Ponorogo.

Kemudian pada 18 Agustus 2016 malam, pukul 19.30 Wib, juga akan ada persembahan joget dangkong. Tentunya hal ini akan menambah semarak, sekaligus upaya Pemkab Bintan dalam memperkenalkan dan melestarikan budaya Melayu Kabupaten Bintan.

"Untuk itu pemerintah mengundang kepada segenap masyarakat Kabupaten Bintan untuk ikut menghadiri, menyaksikan serta memeriahkan rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini," Ronny Kartika.

Sementara itu, Kecamatan Bintan Timur sendiri akan mengumumkan juara dari berbagai pertandingan olahraga yang telah digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71.

Adapun juara yang akan diumumkan, masing-masing juara 1, 2, dan 3 pertandingan voli putra/putri, juara 1, 2, dan 3 pertandingan sepak takraw, lalu juara 1, 2, dan 3 pertandingan tenis lapangan dan juara 1, 2, dan 3 pertandingan badminton, yang dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir Idul Fitri Cup.

Selain itu, setelah upacara bendera juga akan digelar permainan rakyat, seperti lomba tarik tambang, lari karung, makan kerupuk, yang pesertanya juga diikuti Bupati Bintan dan Wakil Bupati Bintan dengan komposisi, 1 grup kelompok FKPD, 1 group DPRD Bintan, 2 group kelompok SKPD, 1 grup kelompok camat, 1 group para kades, dan 1 grup para lurah.

Editor: Dardani