Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kerap Dimanfaatkan Pelaku Ilegal Fishing dan Penyelundup

Lanal TBK Tingkatkan Pengamanan di Laut Karimun pada Perayaan HUT RI ke-71
Oleh : Nursali
Sabtu | 13-08-2016 | 12:14 WIB
patroli-AL.jpg Honda-Batam

Lanal TBK pada 17 Agustus 2016 mendatang lebih memperketat pengamana di laut (Sumber foto: Antara)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun (Lanal TBK) akan meningkatkan pengamanan di wilayah perairan Karimun pada 17 Agustus mendatang. Sebab, pada setiap perayaan HUT RI, kerap dimanfaatkan oleh para nelayan asing untuk menjarah kekayaan laut Indonesia.

Selain nelayan asing, para penyelundup juga sering memanfaatkan momen tersebut untuk membawa barang-barang ilegal ke Karimun.

"Kita terus melakukan pengamanan di perairan Karimun, bahkan 17 Agustus nanti pengamanan di laut akan kita tingkatkan lagi untuk mencegah hal-hal tersebut," kata Pasi Ops Lanal TBK, Lettu Laut (P) Unggul Firmansyah kepada BATAMTODAY.COM di Karimun, Sabtu (13/8/2016).

Beberapa armada telah dipersiapkan untuk melakukan pengamanan di perairan kabupaten maritim ini. Bahkan, katanya lagi, selain kapal patroli yang telah bertugas mengamankan perairan Karimun, beberapa Kapal Perang Indonesia (KRI) juga selalu berpatroli di perbatasan.

"Pengamanan dari Lanal TBK tetap berjalan, pengamanan dari KRI Armabar juga selalu mengamankan perairan Indonesia," katanya lagi.

Selain meningkatkan pengamanan, pihaknya juga tetap bersiaga jika sewaktu-waktu pihaknya dibutuhkan untuk hal-hal yang mendesak, bahkan Lanal TBK katanya lagi, juga tetap menerima berbagai macam bentuk pengaduan terkait pelanggaran hukum di laut.

Editor: Udin