Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kawinkan BBM dan Listrik, BMW i8 Dilepas Seharga Rp3,49 M
Oleh : Redaksi
Jum'at | 12-08-2016 | 17:25 WIB
BMW-i8.jpg Honda-Batam

BMW i8 merupakan mobil plug in hybrid dengan penjualan tertinggi di dunia sepanjang 2015 lalu, yang diusung BMW di GIIAS 2016. (Sumber foto: CNN)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - BMW Group Indonesia resmi meluncurkan mobil sport terbaru dengan judul BMW i8, dihelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Mobil berjenis sport ini memiliki mesin hybrid, sehingga tenaganya berasal dari mesin konvensional dengan kapasitas 1.500cc dan motor elektrik, yang bisa diisi ulang dengan aliran listrik.

Mobil yang sebelumnya diluncurkan di luar negeri pada tahun 2014 silam itu, dibanderol seharga Rp3,49 miliar off the road. Melihat harganya yang cukup fantastis, Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O Tania mengatakan, paket harga itu cukup wajar menimbang beberapa fasilitas lain yang didapatkan secara bundling.

"Harga Rp3,49 miliar itu sudah temasuk perawatan mobil hingga 5 tahun atau 60 ribu kilometer (km), tiga tahun garansi, serta jaminan baterai selama 8 tahun. Untuk konsumen, harga tersebut sudah cukup, sesuai kendaraan seperti ini," ujar Jodie, Kamis (11/8/2016)

Ia menambahkan, harga yang mahal itu juga disebabkan karena teknologi yang digunakan bisa menghasilkan tenaga selayaknya mobil sport biasa, meski menggunakan konsumsi bahan bakar konvensional yang lebih sedikit.

Sebagai informasi, mobil BMW i8 bisa melaju dari nol hingga 100 km per jam hanya dalam jangka waktu 4,4 detik saja. Pada kecepatan 100 km/jam, mobil hanya memakan bahan bakar minyak sebesar 2,1 liter dan tenaga listrik sebesar 11,9 kilowatt hour (KWh). Hal ini diklaim perusahaan bisa mengurangi emisi karbondioksida sebanyak 49 gram per km.

"Maka dari itu, tak heran jika BMW i8 merupakan mobil plug in hybrid dengan penjualan tertinggi di dunia sepanjang 2015 lalu. Bahkan tren itu masih berlanjut di tahun ini," jelas Jodie, tanpa memberitahu angka penjualan pastinya.

Meski diluncurkan pada tahun ini, masyarakat Indonesia harus bersabar menunggu tahun depan untuk menikmati mobil ini. BMW i8 sudah bisa dipesan sejak awal 2017 dan tersedia di diler resmi BMW di Indonesia pada April tahun depan.

"Kami harap ini bisa diterima baik oleh masyarakat yang memang menggemari mobil sport, karena ini memang khusus diciptakan untuk mereka," imbuhnya

Sumber: CNN
Editor: Udin