Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien di Kanada Diperbolehkan Tanam Ganja Sendiri
Oleh : Redaksi
Jum'at | 12-08-2016 | 13:50 WIB
ganja.jpg Honda-Batam

Pemerintah Kanada memperbolehkan pasien yang membutuhkan pengobatan dengan mariyuana untuk menanam tanaman itu sendiri. (Sumber foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, Kanada - Pasien di negara Kanada yang membutuhkan pengobatan dengan mariyuana diperbolehkan menanam tanaman itu sendiri.

Badan Kesehatan Kanada mengatakan, pasien yang membutuhkan mariyuana juga bisa tetap membeli tanaman itu ke salah satu dari 34 produsen yang memiliki lisensi pemerintah. Namun ditegaskan pula bahwa penjual ganja yang tidak memiliki lisensi tidak diperbolehkan menjual ganja baik untuk alasan medis atau lainnya.

"Operasi itu disuplai secara ilegal, dan menyediakan produk yang tak diatur, dan bisa tidak aman. Distribusi ilegal dan penjualan kanabis di Kanada akan dikenakan tindakan sesuai hukum," ujar Badan Kesehatan Kanada pada Kamis (11/8/2016).

Pemerintahan Konservatif yang berkuasa sebelum Perdana Menteri Justin Trudeau, pada 2013 mewajibkan pasien membeli ganja dari produsen berlisensi melalui sistem pemesanan lewat email.

Namun seorang hakim pengadilan federal di Vancouver pada Februari lalu memutuskan bahwa pembatasan soal mariyuana itu merupakan tindakan sewenang-wenang.

Perubahan ini terjadi bersamaan ketika Kanada dan negara tetangganya, Amerika Serikat, sedang mempertimbangkan untuk melegalisasi mariyuana bagi keperluan medis atau rekreasi.

Trudeau ketika berkampanye berjanji untuk melegalkan mariyuana dan pemerintah mengatakan akan mengajukan aturan itu tahun depan.

Di AS, 25 negara bagian telah menyetujui penggunaan mariyuana untuk keperluan medis, empat di antaranya bahkan membolehkan penggunaan mariyuana untuk rekreasi. Sementara sembilan negara bagian lain sedang membahas rancangan undang-undang penggunaan mariyuana untuk medis dan rekreasi.

Sumber: Reuters
Editor: Udin