Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Badan Kesbangpol Lingga Gelar Rapat Antisipasi Isu Sara Konflik Antar Agama
Oleh : Nur Jali
Rabu | 10-08-2016 | 13:50 WIB
Firdaus-Kesbangpol-Lingga.jpg Honda-Batam

Drs Firdaus, Kepala Bakesbangpol Linmas Kabupate Lingga (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Mengantisipasi terjadinya kejadian serupa adanya isu sara antar Agama yang memancing pengrusakan terhadap salah satu rumah ibadah di Sumatera Utara, Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Lingga menggelar rapat terbatas dengan beberapa pihak-pihak terkait, salah satunya adalah FKUB Kabupaten Lingga.

"Kita mengantisipasi, biasanya ini berimbas ke daerah lain, sehingga kita mengantisipasi hal tersebut, dan berharap tidak sampai ke Lingga," kata Firdaus, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Lingga, Selasa (8/10/16).

Pertemuan yang digelar di Sanggar Praja Kecamatan Singkep tersebut, khusus membicarakan konflik yang terjadi di salah satu Provinsi di Indonesia. Bahkan menurutnya, ada di salah satu di wilayah Lingga, yang sudah ada gesekan, khususnya dalam pendirian rumah ibadah yang ditentang oleh masyarakat setempat.

"Rapat ini sebagai bentuk antisipasi, jangan sampai hal serupa terjadi di Lingga, jadi ketika ada persoalan kecil ini kita secepat mungkin menyelesaikan," jelasnya.

Kesbangpol Kabupaten Lingga sendiri mengundang seluruh Camat yang ada di Kabupaten Lingga, seluruh pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lingga, Ormas Islam, Polres Lingga dan beberapa ketua FKUB di tingkat kecamatan.

Sementara itu, Camat Singkep, Kisanjaya, mengatakan sebagai tempat digelarnya rapat tersebut, Kecamatan Singkep menyambut baik pelaksanaan rapat ini. Diharapkan dengan adanya rapat ini akan dapat melakukan pencegahan awal jika ada konflik di masyarakat.

"Kalau di sini kita dengar isu ada persoalan pembangunan rumah ibadah, yang mungkin mendapat pertentangan, hal ini perlu kita antisipasi, dan kita imbau agar siapapun yang ingin mendirikan tempat ibadah harus memenuhi semua persyaratan," jelasnya.

Editor: Udin