Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Vietnam Persiapkan Pulau Sengketa di LCS dengan Peluncur Roket
Oleh : Redaksi
Rabu | 10-08-2016 | 13:26 WIB
peluncur-roket-dipersiapkan-Vietnam.jpg Honda-Batam

Vietnam diam-diam membentengi beberapa pulau yang dipersengketakan di Laut China Selatan dengan peluncur roket yang mampu menyerang landasan pacu China. (Sumber foto: U.S. Navy)

BATAMTODAY.COM, Amerika Serikat - Rupanya, Vietnam diam-diam membentengi beberapa pulau yang dipersengketakan di Laut China Selatan dengan peluncur roket yang mampu menyerang landasan pacu China dan berbagai instalasi militer di seluruh rute perdagangan penting.

Sejumlah sumber dari kalangan diplomat dan pejabat militer mengungkapkan kepada Reuters, pada Selasa (9/8/2016), bahwa informasi intelijen menunjukkan Hanoi telah mengirimkan sejumlah peluncur roket dari daratan Vietnam ke lima pangkalan di sejumlah pulau di Kepulauan Spratly dalam beberapa bulan terakhir. Langkah ini dinilai akan meningkatkan ketegangan dengan Beijing.

Peluncur roket itu ditempatkan di tempat yang tersembunyi dari pengawasan udara dan hingga saat ini peluncur itu diyakini belum dipersenjatai. Namun, sejumlah peluncur itu dapat dioperasikan dengan artileri roket dalam waktu dua atau tiga hari, menurut keterangan dari tiga sumber Reuters.

Kementerian Luar Negeri Vietnam menyatakan bahwa informasi itu "tidak akurat", namun enggan menjelaskan lebih lanjut.

Wakil Menteri Pertahanan Vietnam, Letnan Jenderal Senior Nguyen Chi Vinh, menyatakan di Singapura pada Juni lalu bahwa Hanoi tidak menyebarkan peluncur roket atau senjata lainnya yang siap untuk digunakan di Spratly, namun menegaskan pihaknya berhak untuk melakukan tindakan tersebut.

"Ini adalah dalam hak sah kami untuk membela diri dengan memindahkan salah satu senjata kami setiap saat ke daerah yang berada dalam wilayah kedaulatan kami," katanya.

Langkah ini dirancang untuk melawan berbagai upaya militerasasi yang dilakukan China di tujuh pulau reklamasi di kepulauan Spratly. Para pakar militer Vietnam mengkhawatirkan landasan pacu, radar dan instalasi lainnya yang dibangun China di sejumlah pulau sengketa akan membuat pertahanan Vietnam, khususnya di daratan dan pulau mereka di wilayah selatan, menjadi rentan.

Para pakar militer menilai, menyebarkan roket merupakan langkah defensif yang paling signifikan yang dilakukan Vietnam terhadap klaimnya di Laut China Selatan dalam beberapa dekade terakhir.

Expand