Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Lantik 1.921 Praja IPDN di Jatinangor
Oleh : Irawan
Senin | 08-08-2016 | 14:53 WIB
jokowi_lantik_Ipdn.jpg Honda-Batam

Presiden Joko Widodo mengukuhkan 1.921 Praja IPDN di kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

BATAMTODAY.COM, Sumedang - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan 1.921 Pamong Praja Muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXIII tahun 2016. Upacara pelantikan berlangsung di kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat (Jabar), Senin (8/8/2016). Pengukuhan dilakukan setelah sebelumnya para praja diwisuda Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Minggu (7/8/2016) kemarin.

Pelantikan tersebut ditandai dengan penyematan lencana pada dua perwakilan Pamong Praja Muda IPDN. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh ribuan Pamong Praja Muda IPDN di hadapan Jokowi.

Jokowi yang bertindak sebagai inspektur pada upacara pelantikan Pamong Praja Muda IPDN itu, mengucapkan selamat kepada ribuan lulusan Praja IPDN

"Saya ucapkan selamat kepada praja muda lulusan IPDN. Pelantikan ini mengakhiri masa pendidikan, sekaligus sebagai awal Pamong Praja Muda untuk berbakti kepada masyarakat, bangsa dan negara," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi berharap lulusan Pamong Praja Muda ini menjadi pelopor reformasi birokrasi di institusi tempat mereka bertugas. Sekaligus menjadi pribadi yang terdepan dalam revolusi mental.

"Harus menjadi teladan bagi rakyat dan membangun sikap optimis dan berani melakukan terobosan yang bermanfaat bagi rakyat," kata Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mengingatkan tantangan bagi aparatur sipil negara yang semakin berat dan kompleks. Sehingga, dibutuhkan individu yang responsif dan mampu melayani masyarakat dengan baik.

"Di era kompetisi global, sangat dibutuhkan aparatur negara yang lebih bisa bekerja responsif, cepat dan mampu melayani publik. Tentunya dengan komintmen nyata menciptakan pemerintahan yang bersih pemerintah yang berintegritas dan dipercaya rakyat," ujar Jokowi.

Meski tugas cukup berat, presiden yakin para pamong praja muda dapat mengemban tugas dengan sebaik-sebaiknya. Asalkan mau berani melakukan perbaikan diri , menginisiasi perubahan dan reformasi birokrasi di lingkungan kerja masing masing‎.

"Kuncinya harus berani melakukan perombakan, berinovasi dan kreatif," ujar presiden.
Upacara pelantikan Pamong Praja Muda IPDN angkatan XXIII tersebut turut dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo dan beberapa menteri Kabinet Kerja, Rektor IPDN Ermaya Suradinata dan Wakil Gubernur Jabar Dedi Mizwae. Para keluarga Pamong Praja Muda juga turut menyaksikan prosesi pelantikan.

Editor: Surya