Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Transportasi Laut Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

Awas! Hujan Lebat dan Angin Kencang Disertai Petir Landa Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 03-08-2016 | 20:02 WIB
waspadalah..waspadalah.jpg Honda-Batam

BMKG imbau transportasi laut waspada, ketika terjadi cuaca buruk yang disertai angin kencang yang akan dapat menimbulkan gelombang laut yang tinggi disertai arus kencang. (Sumber foto: okezone.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Tanjungpinang kembali mengeluarkan peringatan, agar warga dan transportasi laut di Kepri, mewaspadai cuaca ekstrim, hujan lebat disertai angin kencang dan petir serta gelombang tinggi yang terjadi hampir di seluruh wilayah Kepri.

Kepala BMKG Tanjungpinang, Bhakti Wirakusuma, Rabu (3/8/2016), mengatakan kondisi cuaca saat ini hampir di seluruh wilayah Kepri, yakni Batam, Bintan dan Lingga, Karimun akan berpeluang hujan. Sedangkan Natuna dan Anambas berawan.

"Pada umumnya, peluang hujan di sejumlah wilayah Kepri akan terjadi dari pukul 06.25 Wib hingga siang. Hari ini saja, hujan lebat di wilayah Tanjung Uban, Lagoi, Tembeling, Gunung Bintan, serta meluas ke wilayah Tanjung Pinang, Kijang, Senggarang sedang terjadi‎," ujarnya pada BATAMTODAY.COM.

Dengan kondisi ini, Wira sapaan akrap Bhakti Wirakusuama, BMKG juga memperingatkan warga agar ‎berhati-hati terhadap kondisi cuaca ekstrim dan gelombang tinggi yang akan terjadi ketika angin kencang. Kondisi hujan di Bintan dan Batam sendiri diprakirakan akan berlangsung hingga pukul 08.00 ‎Wib.

‎Untuk gelombang laut di wilayah Kepri, BMKG juga mengatakan, rata-rata akan berkisar 0.5 sampai dengan 2.0 meter, hanya perlu diwaspadai bagi transportasi laut, ketika terjadi cuaca buruk yang disertai angin kencang, akan dapat menimbulkan gelombang laut yang tinggi disertai arus kencang.

Editor: Udin