Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tugboat Dabo 5 Kandas di Pulau Terkulai Gegara Mesin Bocor
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 03-08-2016 | 16:00 WIB
tugboat-kandas.jpg Honda-Batam

TB Dabo 5 yang kandas di perairan Pulau Terkulai. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapal tugboat Dabo Lima (TB. Dabo 5) kandas dan nyaris karam di perairan Pulau Terkulai setelah mengalami kebocoran mesin pada Selasa (2/8/2016) malam.

 

Kasat Polair‎ Polres Tanjungpinang Iptu Suhardi mengatakan, informasi TB Dabo 5 kandas dan bagian belakang masuk air, setelah sebelumnya diberitahukan nakhoda kapal bernama Richard ke pihaknya sekitar pukul 22.00 WIB.

Saat itu, anggota Polisi Perairan dibantu pelayaran kapal, langsung mengirimkan kapal untuk menjemput dan mengevakuasi 7 ABK bersama nakhodanya.

"Dari keterangan nakhoda, sebelum bocor dan kandas, kapal berangkat dari Kampung Bugis Tanjungpinang menuju Batam, setengah jam berlayar, air sudah masuk ke dalam ruangan mesin, sebelum akhirnya kandas," kata Suhardi, Rabu (3/8/2016).

Saat berangkat, tambah Suhardi, kapal dalam keadaan kosong dan tidak sedang menarik tongkang.

"Seluruh ABK dan nakhoda sudah dievakuasi dari kapal, sementara kapal sampai saat ini belum dapat dievakuasi dan masih kandas di atas karang Pulau Terkulai. Rencananya, kapal akan dievakuasi dan ditarik setelah air mulai pasang," ujarnya.

Editor: Dodo